Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Jelaskan Alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah WNI di Belanda

Ketua Umum PSSI Erick Thohir jelaskan alasan pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dilakukan di Belanda.
Erick Thohir jelaskan alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pengambilan sumpah WNI di Belanda / Instagram @erickthohir
Erick Thohir jelaskan alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pengambilan sumpah WNI di Belanda / Instagram @erickthohir

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan alasan mengapa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjalani agenda pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders terus berlanjut mendekati proses-proses akhir.

Terkini, kedua pemain itu akan mengambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) untuk resmi dinaturalisasi.

Biasanya, proses pengambilan sumpah WNI dilakukan di kantor Kementerian Hukum dan HAM di Tanah Air.

Namun untuk kasus Hilgers dan Reijnders, kedua pemain itu akan mengambil sumpah WNI di Belanda.

"Jadi fleksibilitas baik di sini atau di luar negeri. Itu biasa angkat sumpah di luar negeri juga ada. Nah, kebetulan memang sekarang FIFA matchday-nya sudah tidak ada," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Kamis (19/9/2024).

Erick menjelaskan, saat ini Timnas Indonesia tak ada agenda FIFA Matchday sehingga para pemain tak mendapat izin untuk pergi ke Tanah Air.

Agenda terdekat Timnas Indonesia adalah pada FIFA Matchday 10 Oktober mendatang.

Jika menunggu hingga tanggal tersebut, Hilgers dan Reijnders akan terlambat didaftarkan untuk membela Timnas Indonesia.

Kedua pemain itu diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

"Artinya kita harus respect kepada klub tempat mereka bermain. Nah, di situlah kita mencari cara yang sesuai dengan aturan. Jadi bukan di luar aturan. Kita coba mengangkat sumpah di negara lain seperti juga, beberapa [orang] Indonesia yang akan sumpah di negara lain juga. Jadi ini bukan sesuatu yang spesial," ucap Erick Thohir.

Rencananya, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan mengambil sumpah di Belanda pada Minggu (22/9/2024) atau Senin (23/9/2024).

Proses naturalisasi Hilgers dan Reijnders dikebut untuk mengejar deadline pendaftaran pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 24 September mendatang.

Jika naturalisasi Hilgers dan Reijnders rampung setelah tanggal 24 September, kemungkinan kedua pemain itu akan absen saat Timnas Indonesia menghadapi Bahrain dan China, Oktober mendatang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper