Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Euro

Lamine Yamal memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro ketika dia melepaskan tendangan melengkungnya saat melawan Prancis.
Duel pemain Spanyol Lamine Yamal dan pemain Prancis Kylian Mbappe di semifinal Euro 2024 / Reuters-Lisi Niesner
Duel pemain Spanyol Lamine Yamal dan pemain Prancis Kylian Mbappe di semifinal Euro 2024 / Reuters-Lisi Niesner

Bisnis.com, JAKARTA - Simak deretan pemain sepak bola yang telah mencetak gol pada kompetisi internasional, saat usia muda dan bahkan belum mencapai 20 tahun.

Dilansir dari laman theanalyst.com dan scotsman.com, berikut adalah 8 pencetak gol termuda sepanjang sejarah dalam Kejuaraan Eropa (Euro):

1. Lamine Yamal (16 tahun dan 362)

Pemain muda berbakat asal Spanyol, Lamine Yamal memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro ketika dia melepaskan tendangan melengkungnya saat melawan Prancis di laga semifinal Euro 2024 tanggal 10 Juli silam.

Lamine Yamal yang mengikuti kejuaraan sembari menjalani pendidikan berhasil mencetak gol sebelum memasuki umurnya yang ke 17 pada 13 Juli mendatang.

2. Johan Vonlanthen (18 tahun dan 141 hari)

Pemain penyerang asal Swiss Johan Vonlanthen berhasil menjadi salah satu pemegang rekor setelah mencetak gol ke gawang Prancis pada 21 Juni 2004 silam di Estádio Cidade de Coimbra, Portugal. Vonlanthen masih menjadi pemain termuda yang tampil di turnamen besar untuk Swiss, walaupun dia hanya mencetak 7 gol sepanjang karirnya di ajang sepak bola internasional.

3. Wayne Rooney (18 tahun dan 237 hari)

Wayne Rooney adalah pemain termuda ketiga yang mencetak gol di ajang Euro. Walaupun dia memegang rekor tersebut hanya selama 4 hari sebelum dipecahkan oleh Vonlanthen. Kedua golnya pada laga tersebut membantu Three Lions (Inggris) berhasil merobek gawang swiss dengan skor 3-0.

4. Renato Sanches (18 tahun dan 317 hari)

Pemain muda asal Portugal, Renato Sanches berhasil menjadi salah satu pencetak gol termuda di ajang Euro setelah berhasil menyamakan kedudukan bagi Portugal dalam laga quarter-final Euro 2016 melawan Polandia.

Tak hanya itu, di pertandingan yang sama, dia juga berhasil mencetak gol pada babak adu penalti untuk membantu timnya melaju sebelum mengalahkan Wales di semifinal hingga mengalahkan Prancis di final Euro 2016.

5. Dragan Stojkovic (19 hari dan 108 hari)

Pemain muda asal Yugoslavia, Dragan Stojkovic berhasil mencetak gol di ajang Euro dalam kekalahannya dengan skor 3-2 melawan Prancis pada bulan Juni 1984 silam. Yugoslavia tidak mampu menandingi bintang Prancis, Michel Platini, yang mencetak 3 gol dalam pertandingan tersebut sekaligus mengakhiri Euro 1984 sebagai pencetak gol terbanyak dengan total 9 gol.

6. Arda Güler (19 tahun dan 114 hari)

Dalam pertandingan pertamanya di ajang Euro, Arda Güler membuktikan kualitas saat tendangan melengkungnya membuat Turki berhasil mengalahkan Georgia dengan skor 3-1. Dia merupakan remaja ketiga yang mencetak gol pada penampilan pertama di ajang Euro.

7. Cristiano Ronaldo (19 tahun dan 128 hari)

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di ajang Euro, Cristiano Ronaldo, mencetak gol pertamanya di turnamen tersebut saat Portugal mengalami kekalahan mengejutkan atas Yunani pada Euro 2004. Turnamen tersebut adalah turnamen besar pertama Ronaldo untuk tim nasional Portugal, yaitu pada saat dia berusia 19 tahun dan 128 hari.

8. Ferenc Bene (19 tahun dan 183 hari)

Meski telah mencetak gol untuk Hungaria di Olimpiade, gol pertama pemain asal Hungaria tersebut berhasil didapatkannya saat mengalami kekalahan pada laga semifinal Euro 1964 melawan Spanyol dengan skor 2-1. Gol tersebut menjadikannya salah satu pencetak gol termuda dalam sejarah Euro.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper