Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cristiano Ronaldo Umumkan Euro 2024 Jadi yang Terakhir

Megabintang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo mengumumkan bahwa Euro 2024 adalah Euro terakhir baginya sebelum gantung sepatu.
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo di Euro 2024 / Reuters-Wolfgang Rattay
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo di Euro 2024 / Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Megabintang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo mengumumkan bahwa Euro 2024 adalah Euro terakhir baginya sebelum gantung sepatu.

Cristiano Ronaldo menjadi kapten Timnas Portugal di Euro 2024. Ronaldo mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang tampil dalam 5 edisi Euro.

Banyak yang beranggapan bahwa Ronaldo masih akan memaksakan diri bermain di Euro saat usianya sudah menginjak 40 tahun pada turnamen selanjutnya.

Namun demikian Ronaldo memastikan bahwa ini adalah Euro terakhir baginya sebelum gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional.

"Ini adalah Euro terakhir saya, tentu saja. Tetapi saya tidak menjadi emosional karena itu, saya emosional soal segala sesuatu yang melibatkan sepak bola. Karena antusiasme yang saya miliki dari permainan ini, antusiasme melihat pendukung, keluarga, kasih sayang orang-orang terhadap saya," tutur Cristiano Ronaldo kepada O Jogo.

Ronaldo memang terlihat emosional pada laga terakhir Timnas Portugal di babak 16 besar Euro 2024 melawan Slovenia, Selasa (2/7/2024) dini hari.

Eks pemain Real Madrid itu gagal mengeksekusi penalti pada babak tambahan setelah sepakannya bisa digagalkan kiper Slovenia Jan Oblak.

Ronaldo membantah jika dirinya terlihat frustrasi karena memikirkan waktu pensiun yang semakin dekat.

"Ini bukan soal meninggalkan sepak bola, karena jika saya memang melakukannya, apa lagi yang perlu saya lakukan atau menangkan? Ini bukan tentang satu poin atau selebihnya. Membuat orang bahagia adalah hal yang paling memotivasi saya," kata pemain Al Nassr itu.

Cristiano Ronaldo sejauh ini telah mencatatkan 211 caps bersama Timnas Portugal dengan menyumbangkan 130 gol.

Sejak debut pada 2004, Ronaldo selalu dipanggil oleh Timnas Portugal di turnamen internasional dan kini dia menjadi top skor sepanjang masa Selecao das Quinas.

Selanjutnya, Ronaldo dan kawan-kawan akan menghadapi lawan sulit di babak 16 besar Euro 2024 yakni Prancis.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper