Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sederet Prestasi Ciamik Timnas Indonesia di Era Shin Tae-Yong

Sederet prestasi Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong.
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah mengalahkan Filipina pada Selasa (11/6/2024).

Skuad Garuda memastikan posisinya di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 melalui tendangan Thom Haye dan sundulan Rizky Ridho.

Asnawi dkk pun berada di posisi kedua atau runner-up Grup F dengan perolehan poin 10. Sedangkan Irak yang berada di puncak klasemen mendapatkan skor 15.

Adapun jadwal babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada bulan September 2024 dan berakhir pada 10 Juni 2025.

Prestasi ini menjadi tonggak sejarah Indonesia, di mana Timnas selangkah lagi bisa bermain di Piala Dunia 2026.

Nantinya, Indonesia berpotensi berada dalam satu grup bersama Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, hingga Australia.

Meskipun belum mendapat trofi kemenangan, namun pola permainan Indonesia sejak di bawah kendali Shin Tae-Yong (STY) semakin menggenas.

Skuad Garuda semakin tangguh dan mampu memberikan permainan terbaiknya. Bahkan beberapa pemain nasional pun berhasil dilirik oleh klub luar negeri.

“Kita lolos ke putaran ketiga, tidak ada lawan yang mudah, apalagi peringkat FIFA kita 134, lawan-lawan kita lebih baik, dan kita tim yang paling lemah dari (tim-tim) yang sudah lolos ke putaran ketiga. Tetapi mimpi saya, saya akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (untuk dapat lolos ke Piala Dunia),” kata pelatih asal Korea Selatan selepas siaran pers.

Berikut ini adalah sederet prestasi Timnas Indonesia yang berada di bawah kendali Shin Tae Yong.

Piala Asia

Di tingkat Asean, Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan Piala AFF U-23 2023. Medali perunggu Sea Games 2021 juga disumbangkan oleh STY.

Tak cukup sampai di situ, Timnas U-20 Indonesia juga dibawa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Indonesia pun untuk pertama kali lolos ke Piala Asia U-23. Di level senior, Shin membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final melalui jalur kualifikasi.

Hal tersebut menjadi prestasi, mengingat terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia (2007) adalah melalui jalur tuan rumah, tanpa menjalani kualifikasi.

Dalam 2 ajang itu, Indonesia juga menjadi tim yang diperhitungkan. Sejarah diukir kala Timnas Indonesia senior menembus perempat final Piala Asia dan Timnas U-23 Indonesia mencapai perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Prestasi Indonesia semakin gemilang saat berhasil mengalahkan Filipun di fase Grup F dengan skor akhir 2-0. Hasilnya, Indonesia keluar sebagai runner up di bawah Irak.

Ranking FIFA

STY juga mampu membuktikan bahwa ranking FIFA Indoensia naik. Garuda ada di posisi 173 saat pertama Shin menukangi tim, terkini ranking FIFA Indonesia melonjak menjadi 134.

Kemenangan Indonesia atas Filipina di kualifikasi Piala Dunia 2026 juga membuat Indonesia mendapat tambahan poin sekitar 11,73.

Melansir dari Footy Rankings, Timnas Indonesia akan mengoleksi 1108,73 poin saat ranking FIFA dan naik ke peringkat 133 dunia dari sebelumnya di ranking 134 dunia. Sedangkan Filipina akan turun peringkat ke-146 dunia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper