Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Depan Italia Bisa Kirim 9 Wakil ke Kompetisi Eropa, Ini Syaratnya

Liga Italia berpeluang mengirimkan 9 wakilnya ke kompetisi Eropa, 6 di antaranya bisa di Liga Champions.
Italia berpeluang kirim 9 wakil ke kompetisi Eropa musim depan / Reuters
Italia berpeluang kirim 9 wakil ke kompetisi Eropa musim depan / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Liga Italia menuai kesuksesan besar musim ini yang membuat tim-tim dari Negeri Pizza bisa berkiprah di kompetisi Eropa.

Tim-tim Liga Italia musim ini meraih hasil positif di kancah Eropa. Meski tak punya wakil di final Liga Champions, namun tim-tim Serie A berjaya di kasta kedua dan ketiga.

Dari capaian musim lalu ketika Inter Milan menembus final Liga Champions 2023-2024, koefisien liga Serie A mengalami peningkatan.

Hal itu membuat Liga Italia berhak mengirimkan 5 wakil ke fase grup Liga Champions, diambil dari peringkat 1 hingga 5 klasemen akhir Serie A 2023-2024.

Tak cukup sampai di situ, Atalanta sukses meraih gelar juara Liga Europa 2023-2024 usai mengandaskan Bayer Leverkusen dengan skor 3-0 pada Kamis (23/5/2024). La Dea pun dipastikan lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.

Italia bisa memiliki 6 wakil di Liga Champions jika Atalanta finis 5 besar klasemen akhir Liga Italia 2023-2024.

Pasalnya, tiket Atalanta lewat jalur posisi 5 besar akan dilimpahkan ke peringkat 6.

Namun jika Atalanta finis di luar 5 besar, maka hanya ada 5 wakil Italia di Liga Champions.

Saat ini anak asuh Gianpiero Gasperini itu berada di posisi ke-5 klasemen sementara dengan 66 poin, berjarak 3 angka di atas AS Roma sebagai tim peringkat 6.

Jika diasumsikan Atalanta finis di 5 besar dan AS Roma lolos Liga Champions, Italia hanya punya 1 wakil di Liga Europa yang akan diberikan kepada tim peringkat 7 yakni Lazio.

Nah, tim peringkat 8 dan 9 yang sementara diduduki Fiorentina dan Torino masih punya kans ke fase grup Liga Konferensi musim depan.

Fiorentina menjadi kunci dari tim kesembilan ini. Jika Fiorentina memenangi final Liga Konferensi Eropa kontra Olimpiakos, mereka akan mendapat tiket ke Liga Europa.

Jika gelar Liga Konferensi didapat, maka tiket Fiorentina sebagai tim peringkat kedelapan akan dilimpahkan ke tim peringkat 9.

"Giorgio Marchetti, Direktur UEFA, mengonfirmasi, jika Fiorentina memenangkan Conference League dan finis 8 di Liga Italia, tim peringkat 9 akan melaju ke Conference League," bunyi pemberitaan Sky Sports Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper