Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Nathan Tjoe Aon, Pemain Belanda yang Siap Bela Timnas di Piala Asia U-23

Sosok Nathan Tjoe Aon, bek sayap kiri klub SC Heerenveen yang kini bermain untuk Timnas Indonesia.
Nathan Tjoe Aon/Instagram @nathantjoeaon
Nathan Tjoe Aon/Instagram @nathantjoeaon

Bisnis.com, JAKARTA - PSSI mengonfirmasi bahwa pemain bertahan Nathan Tjoe A-On yang berasal dari klub SC Heerenveen dipastikan akan kembali membela Timnas Indonesia U-23 pada laga Perempat Final Piala Asia U-23.

"Kabar baik datang dari Belanda yang mana klub SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U-23," kata Ketum PSSI Erick Thohir melansir dari laman resmi PSSI, Rabu (24/4/2024).

Sebelumnya, Nathan hanya diizinkan main hingga putaran grup Piala Asia U-24 oleh klubnya SC Heerenveen. Dirinya juga menjadi kunci kemenangan Indonesia saat melawan Australia dan Yordania di fase Grup A lalu.

Erick menyampaikan bahwa luluhnya SC Heerenveen untuk kembali melepas Nathan berkat dukungan seluruh pihak. 

Profil Nathan Tjoe Aon

Nathan menjadi bintang muda yang cukup menarik perhatian saat ikut membela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23.

Dirinya sukses membawa Indonesia mengalahkan Australia 1-0 dan Yordania 4-1 di fase Grup A lalu.

Melansir dari situs resmi PSSI, Nathan memiliki statistik yang cukup baik saat bermain membela Indonesia.

Pemain Belanda itu melepaskan 25 umpan dengan 40% terjadi di wilayah lawan. Artinya, dirinya cukup aktif melakukan perlawanan dan sigap bertahan menangkal serangan musuh.

Setidaknya ia berhasil melakukan tujuh kali duel dengan presentase kemenangan 60%. Ia juga melakukan tiga kali tekel dan dua intersep.

Diketahui, Nathan Tjoe Aon memiliki nama lengkap Nathan Noël Romejo A-On yang memiliki posisi bek sayap kiri untuk klub Swansea City A.F.C (Championship). Namun saat ini dirinya sedang dipinjamkan ke klub SC Heerenveen (Eredivise).

Dirinya lahir di Rotterdam, Belanda pada 22 Desember 2001. Ia memiliki darah Indonesia, dari kakeknya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Tejo, panggilan yang ia dapat dari netizen Indonesia, mendapatkan paspor Indonesia pada 11 Maret 2024 dan sudah melakoni dua pertandingan internasional resmi melawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nathan sukses membawa klub pertamanya, Excelsior, ke Eredivise pada musim 2022/2023 dengan mencatatkan 10 penampilan. Ia mencatatkan 29 kali penampilan dengan mencetak satu gol dan satu assist di liga utama Belanda.

Dan di musim perdananya di Eredivise tersebut, ia bahkan sempat menyandang gelar Eredivise Talent of the Month di bulan September 2022.

Di musim yang sama, ia akhirnya direkrut oleh Swansea City dengan kontrak tiga tahun. Setengah musim di Swansea City, ia dipinjamkan ke klub Eredivise SC Heerenveen.

Setelah itu dirinya akhirnya bergabung dengan Thom Haye, kompatriotnya di timnas senior Indonesia. Tercatat sudah empat kali ia bermain untuk SC Heerenveen yang semuanya ia dapat saat menjadi pemain pengganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper