Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naturalisasi Timnas Indonesia Diledek Bek Vietnam, Erick Thohir Buka Suara

Ketua Umum PSSI Erick Thohir membahas sindiran bek Timnas Vietnam Do Duy Manh terkait program naturalisasi skuad Garuda.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut sindiran bek Vietnam terhadap naturalisasi Indonesia adalah bentuk kekaguman/Istimewa
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut sindiran bek Vietnam terhadap naturalisasi Indonesia adalah bentuk kekaguman/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir membahas sindiran bek Timnas Vietnam Do Duy Manh terkait program naturalisasi Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Do Duy Manh, mengomentari naturalisasi di Timnas Indonesia dengan nada meledek.

Dia mengaku bingung apakah timnya akan melawan Indonesia atau Belanda dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Ucapan bek 27 tahun itu dilandasi banyaknya pemain Timnas Indonesia yang berdarah Belanda.

Dari 28 skuad Timnas Indonesia yang diumumkan pelatih Shin Tae-yong untuk melawan Vietnam, ada 8 pemain naturalisasi yang telah merampungkan proses perpindahan kewarganegaraan dengan 7 di antaranya memiliki darah Belanda.

Ketujuh pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Marc Klok, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Menanggapi sindiran dari bek Vietnam, Erick Thohir tidak ingin terbawa perasaan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu balik bercanda mengatakan sindiran dari Do Duy Manh bukan psywar, namun adalah bentuk kekaguman melihat kualitas Timnas Indonesia yang semakin kuat.

"Mungkin mereka bingung Indonesia di bawah kepemimpinan saya makin bagus gitu," kata Erick Thohir seusai menghadiri acara Penandatanganan Kerja Sama Official Insurance Partner Timnas Sepak Bola Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Erick membandingkan sikap serupa yang diperlihatkan suporter Timnas Indonesia ketika melihat kekuatan Vietnam meningkat beberapa tahun lalu.

"Sama ketika kita juga melihat Vietnam, mungkin 5-6tahun lalu bingung kita, kenapa mereka bagus," tambahnya.

"Orang kita pernah bingung mereka bagus banget, kok enggak boleh mereka bingung juga melihat kita, gantian gitu," ucap Erick.

Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu melawan Vietnam pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, skuad Garuda gantian bertandang ke markas Vietnam untuk melakoni matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jelang pertemuan kontra Vietnam, Indonesia memiliki modal bagus. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong mampu membungkam The Golden Stars dengan skor 1-0 di fase grup Piala Asia 2023 Qatar, Januari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper