Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sponsor Indonesia Serbu Motor Marc Marquez dan Tim Valentino Rossi di MotoGP 2024

Beragam sponsor asal Tanah Air meramaikan tampilan motor dan perlengkapan balap sejumlah tim pada MotoGP 2024.
Motor balap Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang Rabu (24/1/2024)/MotoGP
Motor balap Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang Rabu (24/1/2024)/MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA - Beragam sponsor asal Tanah Air meramaikan tampilan motor dan perlengkapan balap sejumlah tim pada MotoGP 2024 di antaranya Gresini Racing tim dari Marc Marquez dan VR 46 Racing Team milik Valentino Rossi.

Beberapa tim MotoGP telah menggelar peluncuran tampil motor balap yang akan digunakan pada musim balapan 2024. Pada awal tahun ini, Gresini Racing, Ducati Lenovo Team, Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Trackhouse Racing, dan GasGas Factory Racing Tech3 telah meluncurkan tampilan motor balapnya.

Sementara itu pada Februari 2024, akan menyusul peluncuran dari tim Monster Energy Yamaha, Red Bull KTM Factory Racing, Repsol Honda Team, LCR Honda, Aprilia Racing, dan Prima Pramac Racing.

Adapun, tim perdana yang melakukan peluncuran yakni tim satelit Ducati yakni Gresini Racing. Saat peluncurannya, tim ini menjadi yang paling ramai bertabur sponsor asal Indonesia.

Gresini Resing Team 2024/MotoGP
Gresini Resing Team 2024/MotoGP

Paling mencolok adalah logo Antangin yang berada di samping kiri-kanan kaca windshield motor Tim Gresini.

Logo Antangin juga secara mencolok berada di lengan dua pembalap Gresini Racing, kakak-beradik Marc Marquez dan Alex Marquez.

Beberapa brand lain yang identik dengan Indonesia adalah Federal Oil, Aspira, MS Glow for Men di sisi kanan-kiri motor, Bold Riders di bagian depan, serta sponsor Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di dalam winglet motor.

Sejak beberapa musim belakangan, tim asal Italia ini memang sudah banyak bermitra dengan brand atau jenama asal Indonesia. Bahkan, warganet biasa menyebutnya sebagai 'Ducati Antangin'.

Pertamina Enduro VR46 Racing Team/MotoGP
Pertamina Enduro VR46 Racing Team/MotoGP

Sementara itu, tim besutan legenda balap MotoGP, Valentino Rossi, pada musim 2024 akan membalap bersama dengan sponsor asal Indonesia.

Pasalnya, PT Pertamina Lubricants mengambil naming rights tim ini selama tiga tahun, sehingga nama Pertamina Enduro VR46 akan bertahan sampai musim 2026.

Jenama pelumas pelat merah itu menampilkan Pertamina Enduro di spot utama, sisi kanan dan kiri motor. Selain itu, logo Pertamina turut dibawa ke bagian depan motor, beserta salah satu produk bahan bakarnya, Pertamina Turbo yang tertempel di bagian sepatbor depan motor.

Pada peluncuran tim baru-baru ini, Presiden Direktur Pertamina Lubricants Werry Prayogi pun turut hadir menjadi pembicara, menemani Rossi, Direktur VR46 Alessio 'Uccio' Salucci, dan duo pembalap Italia, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Sebagai sponsor utama, logo Pertamina Enduro juga akan tampil mencolok di bagian dada, lengan, dan paha baju tim kedua pembalap. Sementara itu, logo Pertamina Turbo juga terlihat muncul di bahu pembalap.

Lenovo Ducati 2024/MotoGP
Lenovo Ducati 2024/MotoGP

Bergeser ke peluncuran tim juara bertahan, Ducati Lenovo alias Ducati Merah, secara umum memang tidak memiliki sponsor asal Indonesia di tampilan motornya. 

Namun, merek helm asal Tanah Air menjadi equipment resmi dari dua pembalap yang akan memperkuat tim pabrikan Ducati ini. 

Enea Bastianini resmi memakai helm KYT. Sementara sang juara dunia tahun lalu, Francesco 'Pecco' Bagnaia pun tetap memakai brand Suomy, helm balap asal Italia yang telah menjadi bagian dari KYT sejak diakuisisi pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper