Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program MilkLife Soccer Challenge Bakal Diperluas Hingga Delapan Kota pada Tahun Depan

Program MilkLife Soccer Challenge di delapan kota yakni Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Kudus, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya pada 2024.
Ilustrasi-Sepak Bola. Program MilkLife Soccer Challenge Bakal Diperluas Hingga Delapan Kota pada Tahun Depan/PFSA
Ilustrasi-Sepak Bola. Program MilkLife Soccer Challenge Bakal Diperluas Hingga Delapan Kota pada Tahun Depan/PFSA

Bisnis.com, JAKARTA – Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama MilkLife berencana memperluas program MilkLife Soccer Challenge di delapan kota yakni Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Kudus, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya pada 2024.

Sebelumnya, program MilkLife Soccer Challenge sukses menyelenggarakan tiga kali turnamen di Kudus, Jawa Tengah pada tahun ini, kompetisi usia dini untuk kelompok usia U-10 dan U-12.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge di delapan kota ini diharapkan dapat menumbuhkan minat dan kecintaan anak-anak terhadap olahraga sepak bola putri.

“Setelah diadakan tiga kali di Kudus, Jawa Tengah pada tahun ini, kami melihat bahwa minat terhadap sepak bola putri sangat tinggi. Terbukti saat penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge Batch 2 September kemarin, jumlah peserta mencapai lebih dari 2.100 siswi tingkat sekolah dasar. Untuk itu, kami membawa spirit ini ke kota-kota lainnya dengan harapan semakin banyak putri-putri Indonesia mulai mencintai sepak bola dan kita dapat menemukan bakat yang kelak bisa membawa Indonesia ke turnamen paling bergengsi yaitu Piala Dunia,” ujar Yoppy di Supersoccer Arena, Kudus, Minggu (17/12).

Ia melanjutkan, kota-kota penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge merupakan home based dari klub-klub sepak bola elite yang berlaga di liga utama.

“Ini merupakan bagian dari ekosistem suplai pemain. Melalui turnamen ini kami berorientasi menumbuhkan minat terhadap sepak bola putri di level akar rumput. Dari titik itu, bakat-bakat akan muncul dan kami berharap mereka dapat masuk ke sekolah sepak bola, diasah menjadi pemain sepak bola profesional yang bisa mendulang prestasi bagi Indonesia di masa mendatang,” Yoppy menjelaskan.

Untuk itu, tidak hanya menggelar turnamen sepak bola putri usia dini, Djarum Foundation dan MilkLife terlebih dahulu menyelenggarakan MilkLife Coaching Clinic bagi para guru di sekolah yang ada di kota-kota tersebut.

Tercatat, sejak Juli hingga Desember 2023, sebanyak 245 guru olahraga yang tersebar di Kudus, Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya telah mengikuti pelatihan yang dipandu langsung oleh Coach Timo Scheunemann.

“Di coaching clinic tersebut, kami memberi pemahaman dan pelatihan bagi para guru olahraga tentang sepak bola putri. Setelah itu, mereka kembali ke sekolahnya masing-masing untuk mempersiapkan tim yang akan membela nama sekolahnya berlaga di tahun depan. Dan pada penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge di tahun 2024, kami juga mendapat dukungan dari BCA yang akan memberikan tabungan pendidikan kepada para juara dengan total Rp320 juta,” Yoppy menguraikan.

Skema memberi pelatihan kepada guru olahraga dan kemudian membentuk tim untuk berlaga di MilkLife Soccer Challenge sudah diterapkan lebih dulu di Kota Kudus. Hasilnya, selain menumbuhkan minat siswi tingkat sekolah dasar teradap sepak bola putri, bakat-bakat pun mulai terlihat.

Hal ini tersaji pada MilkLife Soccer Challenge 2023 Batch 3 yang diadakan Jumat (15/12) hingga Minggu (17/12) di Supersoccer Arena Kudus.

Berbeda dari dua edisi sebelumnya, turnamen Batch 3 mengadopsi sistem pertandingan 7 vs 7 dengan komposisi lima pemain putri serta dua pemain putra dalam sebuah tim dengan lima pemain cadangan (tiga putri dan 2 putra). 

Bertanding melawan pemain putra, para pesepak bola putri berupaya meningkatkan kemampuan sehingga mampu bersaing dengan pemain putra dan berjuang semaksimal mungkin mencetak gol demi membawa timnya menapaki diri di podium tertinggi. Misalnya saja Alesha Farzana Aznii Putri Aji yang masuk dalam tiga besar pencetak gol terbanyak di kelompok usia U10. Bergabung dengan tim Drupadi, siswi Sekolah Dasar IT Al Islam Kudus sukses menyarangkan 13 gol selama tiga hari gelaran turnamen.

“Seru karena ada pemain putra, kami harus bersaing dan bekerja keras, saya merasa itu tantangan yang buat meningkatkan performa permainan bola saya. Karena sudah tahu akan lawan putra, makanya saya latihan lebih keras, kaki saya harus lebih kuat daripada putra untuk menendang bola,” kata Alesha usai pertandingan final.

Hal senada juga terlihat di kelompok usia U-12. Asyifa Solawa Farizqi, siswi SD 2 Rendeng, Kudus yang tergabung dalam tim Gatotkaca menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 11 gol selama kompetisi bergulir. “Senang karena ada putranya jadi mainnya lebih seru, lebih keras. Apalagi kalau gol selebrasinya berasa banget. Jadi teman-teman dalam satu tim juga berusaha lebih keras untuk mengimbangi permainan teman-teman yang putra,” ucap Syifa.

Berikut daftar pemenang MilkLife Soccer Challenge 2023 Batch 3:

Kelompok Usia U-10

Juara I : Tim Arjuna

Runner up : Tim Drupadi

Semi finalis : Tim Wisanggeni dan Tim Larasati

Top Scorer : Ardenta Adhyastha Wardana (18 gol)

Best Player : Kana Tsurayya Nahla Sakina 

Best Goalkeeper : Queisha Sava Azzalfa

Fairplay Team : Tim Shinta


Kelompok Usia U-12

Juara I : Tim Gatotkaca

Runner Up : Tim Nakula

Semifinalis : Tim Nagagini dan Tim Baladewa

Top Scorer : Asyifa Sholawa Farizqi (11 gol)

Best Player : Alya Putri Aryanto 

Best Goalkeeper : Alya Putri Aryanto

Fairplay Team : Tim Arjuna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper