Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Ungkap Alasan Tugaskan 2 Wasit Jepang di Liga 1

Ini alasan PSSI menugaskan 2 wasit asal Jepang untuk memimpin laga Liga 1 2023-2024.
Wasit Jepang ditunjuk memimpin laga Liga 1 2023-2024/Instagram @Liga1Match.
Wasit Jepang ditunjuk memimpin laga Liga 1 2023-2024/Instagram @Liga1Match.

Bisnis.com, SOLO - Wasit asal Jepang memimpin pertandingan Liga 1 2023-2024 pekan ke-22, PSSI pun menjelaskan alasannya.

Dua wasit Jepang yakni Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki memimpin pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2023-2024.

Futoshi Nakamura menjadi wasit laga Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (10/12/2023) malam.

Sementara Yusuke Araki menjadi pengadil utama dalam laga Persita Tangerang vs Persikabo 1973 di Stadion Indomilk Arena pada waktu yang sama.

Wasit asal jepang itu didampingi oleh 3 wasit lokal yang bertindak sebagai asisten wasit dan wasit cadangan.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menjelaskan alasan pihaknya memakai jasa wasit Jepang di Liga 1 2023-2024.

Menurut Arya, hal ini merupakan bentuk kerja sama PSSI dengan Federasi Sepak Bola Jepang alias JFA yang telah disepakati beberapa waktu lalu.

"Ini sebenarnya sudah lama karena bentuk kerja sama JFA dengan PSSI. Kita tahu kan wakil komite wasitnya dari Jepang. Jadi saat itu kami mencoba trial dan mengomparasi, kami cari pembelajaran wasit Jepang yang kami undang ke Indonesia," ucap Arya Sinulingga dalam rilis resmi, Minggu (10/12/2023).

Arya mengatakan bahwa 2 pertandingan yang dipimpin wasit asal Negeri Sakura itu baru uji coba alias trial.

Dia juga menampik bahwa peran wasit Jepang akan menggantikan pengadil lokal yang beberapa sudah mengantongi lisensi FIFA.

"Bukan kami tidak percaya dengan wasit kita, tapi ini bentuk program kerja sama JFA dan PSSI. Semoga dengan cara ini kami dapat masukan juga dari wasit Jepang di dua pertandingan ini. Jadi kita tidak pakai wasit asing seterusnya. Tapi ini karena bentuk kerjasama dengan JFA," tutur Arya.

Dalam laga di Bandung yang berakhir dengan kekalahan 0-2 Persib dari Persik, wasit Futoshi Nakamura mengeluarkan 3 kartu kuning, 2 kepada Persik untuk Anderson Nascimento dan Simen Lyngbo sementara 1 lagi untuk bek Persib Henhen Herdiana.

Yusuke Araki lebih "kalem" karena hanya mencabut 2 kartu kuning untuk pemain Persita, Muhammad Toha dan Ambrizal Umanailo.

Laga tersebut dimenangi Persita dengan skor tipis, 2-1, atas Persikabo 1973.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper