Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Perempat Final French Open 2023, Siapa Wakil Indonesia ke Semifinal?

Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi Li Shi Feng asal China di babak perempat final French Open 2023 yang digelar di Glaz Arena.
Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, berhasil melaju ke babak perempat final French Open 2023/ @INABadminton
Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, berhasil melaju ke babak perempat final French Open 2023/ @INABadminton

Bisnis.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi Li Shi Feng asal China di babak perempat final French Open 2023 yang digelar di Glaz Arena, Rennes, Jumat (27/10/2023).

Ginting yang kini menempati peringkat dua BWF berharap bisa menumbangkan Li Shi Feng dan melaju ke semifinal French Open 2023.

"Besok lawan Li Shi Feng (China), harapannya pasti mau menang. Bukan hanya saya, tapi juga Shi Feng jadi kita lihat besok bagaimana di lapangan," pungkas Ginting.

Ginting maju ke perempat final French Open 2023 usai mengalahkan wakil tuan rumah Toma Junior Popov dengan rubber game 11-21, 21-17, 21-19

"Pertama mengucap syukur Puji Tuhan dapat menyelesaikan pertandingan dengan cukup baik. Walau di gim pertama kurang bisa menerapkan strategi dengan benar, bahkan jauh sekali dari apa yang saya rancang," ungkap Ginting melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Ginting mengakui bahwa permainannya pada gim pembuka memang tidak berjalan dengan baik. Namun ia tak ingin larut dalam kesalahannya, sehingga segera memutar otak untuk bisa mengakali keuletan Toma pada gim selanjutnya.

Pada gim kedua, pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat, itu mencoba bermain dengan lebih percaya menggunakan strategi yang ia inginkan. Kesabaran menjadi kunci keberhasilannya merebut keunggulan pada gim kedua dan ketiga.

Ginting juga hampir terkejar pada akhir gim ketiga. Beruntung ia bisa mengendalikan fokusnya dan mempertahankan kedudukan untuk memenangi pertandingan setelah berjuang selama 76 menit.

"Tidak panik jadi kunci saya ketika menyelesaikan dua poin terakhir di gim penentuan setelah Toma mendekat bahkan menyamakan skor dari 14-19 menjadi 19-19," papar Ginting.

"Kemarin saya menonton kemenangan dia melawan Srikanth (Kidambi) dan memang dia bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya. Saya sudah bersiap untuk laga ketat apalagi dia didukung seluruh penonton di stadion hari ini," kata Ginting menambahkan.

Jojo juga lolos ke Perempat final French Open 2023

Jonatan Christie lolos ke babak perempat final French Open 2023 usai mengalahkan Lin Chun Yi setelah berjibaku dalam laga 16 besar yang berakhir dengan tiga gim 21-14, 7-21, 21-11.

Melalui hasil pertandingan yang berlangsung Kamis malam waktu Rennes, Prancis, itu, Jonatan menyusul Anthony Sinisuka Ginting yang lebih dulu melaju ke babak delapan besar turnamen level BWF Super 750 tersebut.

"Puji Tuhan bisa kembali ke perempat final setelah beberapa turnamen hasilnya kurang baik. Pada gim pertama tadi jauh lebih enjoy mainnya, tidak terburu-buru," ujar Jonatan melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Pemain unggulan kelima itu menceritakan bahwa lawannya sempat mengubah pola permainan sehingga menyulitkannya untuk menciptakan kemenangan dua gim langsung.

Dinamika tersebut mewarnai perjuangan Jonatan untuk menundukkan wakil Taiwan tersebut dalam berdurasi 55 menit.

Jonatan merebut kemenangan pada gim pertama setelah mampu menahan tempo cepat yang disajikan lawan. Lin berusaha agar tempo permainan berjalan cepat, namun hal itu diantisipasi oleh Jonatan yang justru melakukan strategi kebalikan.

"Lawan adalah pemain dengan tipe yang maunya temponya cepat terus, jadi saya coba meredam itu, dan berhasil," kata Jonatan.

Lalu Lin mengubah pola pada gim kedua dengan mengikuti pola yang dimainkan Jonatan. Hal tersebut justru membuat Jonatan kesulitan karena belum menyiapkan strategi untuk menandingi Lin.

Jonatan dengan terpaksa harus merelakan peluang kemenangan dua gim langsung setelah Lin mengunci keunggulan 7-21 pada gim kedua.

Baru lah pada gim ketiga Jonatan bermain dengan lebih dinamis dan tidak terpaku pada satu pola tertentu. Sebisa mungkin ia selalu melakukan counter terhadap permainan Lin.

"Di gim ketiga saya tidak mau terulang lagi, jadi sebisa mungkin untuk mengantisipasi perubahan-perubahan dan temponya," Jonatan memaparkan.

Rehan/Lisa Ingin Ulangi Performa Tahun Lalu di French Open

Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berharap bisa mengulangi performa mereka di French Open seperti tahun lalu di mana mereka lolos ke babak semifinal.

"Kami ingin setidaknya mengulangi pencapaian tahun lalu di turnamen yang sama ini. Jadi besok kami mau coba lebih maksimal lagi," pungkas Rehan.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati lolos ke babak perempat final French Open 2023 usai mengalahkan pasangan Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund, Kamis malam waktu Rennes.

"Di gim ketiga setelah tertinggal 13-18, kami nekat saja mainnya. Sudah jauh, jadi mau apa kalau masih ragu-ragu," kata Rehan melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Rehan/Lisa kembali bangkit untuk merebut delapan poin beruntun pada penghujung gim ketiga. Setelah tertinggal 13-18, Rehan/Lisa secara mengejutkan mampu menyalip musuhnya dan memetik kemenangan rubber game dengan skor akhir 16-21, 21-8, 21-18.

Rehan/Lisa bermain lebih agresif pada penghujung gim ketiga. Meski awalnya hanya mencoba, namun keputusan mereka terbukti tepat setelah melihat reaksi Mathias/Amalie saat duo Indonesia melakukan tekanan balasan.

"Yang penting kami cari dulu serangan, banyak memaksimalkan bola-bola atas. Lawan juga terlihat gugup ketika (poin) kami mendekat," tutur Rehan menambahkan.

Ganda campuran peringkat ke-16 itu belajar banyak dari pertemuan terakhir mereka di Indonesia Open 2023 yang berakhir kekalahan. Menurut Rehan, variasi pukulan Mathias terbilang cukup banyak sehingga sangat menyulitkan jika tidak siap.

"Kami belajar dari pertemuan di Indonesia Open, kami kalah karena tidak siap dengan variasi bola atas (Mathias) Thyrri. Kali ini kami lebih antisipasi," ujar Rehan.

Sementara itu, Lisa justru menilai penampilannya pada babak 16 besar turnamen level BWF Super 750 tersebut tidak maksimal. Hal itu dia ungkapkan berkenaan dengan hasil dari gim pertama dan ketiga yang terdampak dari penampilannya.

"Di gim pertama dan awal gim ketiga, saya kurang bisa mengimbangi servis-servis mereka. Pengembalian saya banyak yang tanggung dan menyusahkan Rehan," kata Lisa.

Beruntung Rehan bisa melakukan cover dengan baik dan bisa menjaga staminanya hingga pertandingan usai setelah dimainkan dengan tempo 57 menit di Glaz Arena, Rennes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper