Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pantas Saja Onana Frustrasi, Gawang Man United Jadi Lumbung Gol Sejak Kedatangannya

Berikut rapor merah Andre Onana mengawal gawang Manchester United sejak kedatangannya dari Inter Milan.
Kiper Manchester United Andre Onana/Instagram @andreonana.24
Kiper Manchester United Andre Onana/Instagram @andreonana.24

Bisnis.com, SOLO - Kiper Manchester United, Andre Onana, jadi sorotan setelah melakukan blunder pada pertandingan Liga Champions melawan Bayern Munchen.

Manchester United harus menelan pil pahit usai takluk 3-4 dari Bayern Munchen pada laga matchday pertama Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (21/9/2023) dini hari.

Setan Merah kebobolan empat gol lewat Leroy Sane, Serge Gnabry, Harry Kane, dan Mathys Tel. Adapun mereka hanya bisa melesakkan tiga gol via Rasmus Hojlund dan Casemiro (2).

Kiper Manchester United Andre Onana menjadi perbincangan karena penampilan buruk yang ia tunjukkan saat melawan Munchen.

Onana gagal mengantisipasi tendangan Leroy Sane hingga berbuah gol pertama Munchen pada menit ke-28.

Kiper asal Kamerun itu sudah bereaksi ke arah bola, namun tangkapannya meleset yang berujung bola meluncur ke gawang.

Onana terlihat begitu frustrasi setelah melakukan kesalahan tersebut. Bahkan selesai laga Onana mengaku menjadi biang kekalahan The Red Devils.

"Kami memulai dengan sangat baik dan setelah kesalahan saya, kami kehilangan kendali permainan. Ini adalah situasi yang sulit bagi saya, saya mengecewakan tim. Karena saya, kami tidak memenangkan pertandingan ini. Kami harus terus maju, ini adalah kehidupan penjaga gawang," kata Andre Onana selepas laga.

Onana mengatakan, Munchen tak memiliki banyak peluang sebelum blundernya terjadi. Kiper 27 tahun itu pun menyadari penampilannya cukup buruk pada laga itu.

"Itu tanggung jawab saya, karena saya kami tidak menang dan saya harus belajar darinya. Banyak yang harus saya buktikan, karena sejujurnya start saya di Man United tidak begitu bagus. Sayalah yang mengecewakan tim," tutur mantan kiper Inter Milan itu.

Kalimat frustrasi Onana itu agaknya mencerminkan situasi lini belakang Manchester United saat ini.

Sejak Onana bergabung ke Manchester United pada 20 Juli lalu menggantikan posisi yang ditinggalkan David de Gea, gawang timnya memang seolah tak punya "harga diri".

Bagaimana tidak, Onana yang tampil dalam 6 pertandingan Manchester United, telah kebobolan 14 gol di semua ajang.

Rinciannya, Setan Merah kebobolan 10 gol dalam 5 pekan Liga Inggris sementara 4 lainnya di Liga Champions.

Sebagai penjaga gawang, rekor cleansheet Onana juga terbilang sangat buruk. Dia cuma bisa satu kali menjaga gawangnya tetap perawan.

Gawang yang dikawal Onana tak kebobolan pada laga pekan pembuka Liga Inggris musim ini, kala Manchester United menang 1-0 atas Wolverhampton Wanderers.

Selepas itu hingga kini lebih dari satu bulan, Onana selalu memungut bola dari gawangnya. Lebih parah lagi, Manchester United kalah 4 kali dalam 6 pertandingan yang Onana mainkan.

Jika dirata-rata, Onana kebobolan 2,34 gol per pertandingan. Sungguh bukan catatan yang patut dibanggakan dari seorang penjaga gawang.

Statistik ini cukup untuk membuktikan bahwa Onana harus memperbaiki kesalahannya, sekaligus membantu Manchester United keluar dari masa sulit.

Apalagi, banderol sebagai kiper termahal keempat di dunia akan terus membayangi performa Onana di Manchester United.

Sebagai tambahan informasi, Manchester United menggaet Onana dari Inter Milan dengan harga 52,5 juta euro.

Onana hanya kalah mahal dari Kepa Arrizabalaga, Alisson, dan Gianluigi Buffon dalam hal nominal transfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper