Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Mendag Muhammad Lutfi Jadi Komisaris Independen PT LIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menghasilkan dua mantan menteri dalam jajaran komisaris.
Daftar pengurus baru PT LIB setelah RUPS Juni 2023/PT LIB.
Daftar pengurus baru PT LIB setelah RUPS Juni 2023/PT LIB.

Bisnis.com, SOLO - Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menghasilkan dua mantan menteri dalam jajaran komisaris.

RUPS PT LIB digelar beberapa hari menjelang kompetisi Liga 1 2023-2024 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

RUPS PT LIB 2023 yang dihadiri perwakilan klub-klub Liga 1 itu menghasilkan struktur baru dalam kepengurusan PT LIB. Dua mantan menteri Republik Indonesia menjadi petinggi.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali dan mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menduduki jabatan sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen.

Selain dua nama itu, RUPS PT LIB 2023 juga menunjuk Asep Saputra sebagai Direktur Operasional dan juga Sadikin Aksa perwakilan klub PSM Makassar sebagai Anggota Komisaris.

Empat nama baru itu menggantikan nama-nama yang sebelumnya menjadi petinggi PT LIB seperti Sudjarno (Direktur Operasional), Juni Rachman (Komisaris Utama), Yabes Tanuri (Anggota Komisaris), Ponaryo Astaman (Anggota Komisaris), Ardian Satyanegara (Anggota Komisaris), dan Roofi Ardian (Anggota Komisaris).

Adapun, jabatan yang tidak berubah sejak RUPS November 2022 adalah Ferry Paulus sebagai Direktur Utama (Dirut) PT LIB dan Munafri Arifuddin sebagai Direktur PT LIB.

"Perubahan direksi dan komisaris adalah hal biasa dalam korporasi. Tapi yang jauh lebih penting adalah cita-cita kita bersama akan terealisasi dalam waktu yang terus bergulir. Beberapa program kita sesuai dengan cita-cita sepak bola Indonesia," tutur Ferry Paulus.

Sempat enggan meneruskan jabatan Dirut PT LIB, namun para peserta RUPS setuju untuk kembali menunjuk Ferry menjadi Dirut PT LIB karena pria 59 tahun itu dinilai telah bekerja apik selama menjabat enam bulan sejak menggantikan Akhmad Hadian Lukita yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka Tragedi Kanjuruhan.

"Di direksi, Dirut Ferry Paulus. Meski tadi tidak mau lagi, tapi tetap bersedia karena menurut peserta rapat, apa yang dilakukan Ferry Paulus dalam beberapa waktu terakhir sangat bagus. Bawa perubahan-perubahan signifikan terhadap LIB. Karena itu, kami akan memaksa beliau supaya mau lagi untuk menjadi direktur utama," kata Zainudin Amali.

Sedangkan terkait jabatannya di LIB, pria 61 tahun itu mengatakan hal ini dilakukan agar roadmap sepak bola yang sudah dirancang PSSI tetap berjalan sesuai rencana.

"Kita mau supaya program di liga ini terkoneksi secara langsung dan tidak putus dengan roadmap sepak bola nasional. Itu perlu ada jembatan," ucap Amali.

Lebih lanjut, ia pun berharap jajaran petinggi baru PT LIB dapat membawa kompetisi sepak bola Indonesia berjalan baik yang nantinya dapat menghasilkan pesepak bola berkualitas untuk meningkatkan prestasi tim nasional Indonesia.

"Harapannya ke depan ini akan makin baik. Karena salah satu tujuan kita adakan kompetisi adalah memberikan jam bermain bagi pemain dan terbentuk timnas yang tangguh,” kata Amali.

Berikut pengurus baru PT LIB hasil RUPS, Juni 2023:

Dewan Direktur

Direktur Utama PT LIB: Ferry Paulus

Direktur PT LIB: Munafri Arifuddin

Direktur Operasional PT LIB: Asep Saputra

Dewan Komisaris

Komisaris Utama PT LIB: Zainudin Amali

Komisaris Independen PT LIB: Muhammad Lutfi

Komisaris PT LIB: Sadikin Aksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper