Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maruf Amin Doakan Timnas Indonesia Raih Emas Lawan Thailand di Sea Games 2023

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin berharap agar tim nasional (timnas) Indonesia dapat merebut podium tertinggi dan medali emas Sea Games 2023.
Wapres Maruf Amin/Facebook-Kiyai.MarufAmin
Wapres Maruf Amin/Facebook-Kiyai.MarufAmin

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin berharap agar tim nasional (timnas) Indonesia dapat merebut podium tertinggi dan medali emas Sea Games 2023.

Laga timnas U-22 Indonesia vs Thailand dalam laga final Sea Games 2023 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

"Ya, untuk timnas Indonesia tentu saja kita [harapannya] menang di final, Aamiin," ujar Wapres Ma'ruf Amin usai meresmikan KBN TNI AL Serentak di 68 Satuan Komando Kewilayahan, di Kepulauan Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin (15/5/2023).

Orang nomor dua di Indonesia itu pun menyebut dalam pertandingan sepak bola semua hal dapat terjadi secara tiba-tiba. Sehingga peluang Indonesia untuk meraih medali emas-emas di cabang olahraga (cabor) dapat direalisasikan.

"Kami terus doakan agar menang, dan itu mungkin saja terjadi karena di bola seringkali dengan Vietnam, kita sering menang dan kalah di mana sekarang menang, dan Thailand juga sama tetapi sekarang harus menang itu saja. Pesannya untuk timnas agar menang, kalian juga perlu berdoa semua," tutur Ma’ruf.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara saat ditanyakan mengenai prediksi skor dari pertandingan Indonesia vs Thailand dalam laga final Sea Games 2023 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun berkelakar bahwa dirinya tak bisa memberi angka pasti sebab dalam pertandingan sepak bola semua hal dapat terjadi secara tiba-tiba.

"Bola itu bundar," katanya saat ditemui Bisnis usai menghadiri agenda Musyawarah Rakyat (Musra) di Istora Senayan, Minggu (14/5/2023).

Tak hanya itu, saat ditanyakan apakah dirinya akan melakukan nonton bersama (nobar) dengan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa dirinya terbiasa menonton bola di manapun.

"Saya itu kalau menonton sepak bola bisa di mana-mana, di mobil pakai video, di rumah juga kalau gak melalui TV juga lewat video [ponsel]," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengamini bahwa kabar timnas U-22 Indonesia masuk final cabang olahraga sepak bola putra Sea Games 2023 Kamboja memang sampai ke telinganya.

Dia pun menyebut aksi tim nasional (timnas) U-22 menghantam Vietnam dengan skor 3-2 dalam laga semifinal Sea Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Sabtu (13/5/2023) sebagai bagian dari kekuatan mental atlet Tanah Air.

"Saya senang [Timnas U-22 sepak] bola masuk final dengan pertarungan dan semangat juang yang sangat hebat, kalau saya boleh menyampaikan, mental pemenang memang kalau menang, ya, wajar, meskipun hanya 10 tapi bisa menggolkan itu namanya mental pemenang," pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, pasukan Indra Sjafri mencetak gol kemenangan di menit 90+6 melalui tendangan dari Muhammad Taufany saat kondisi tim tinggal bersepuluh usai Pratama Arhan dikartu merah.

Adapun Indonesia baru dua kali meraih medali emas cabang olahraga sepak bola Sea Games, yakni pada 1987 dan 1991. Oleh sebab itu, dia mengaku bangga Garuda kembali ke final sejak terakhir kali pada 2019 di Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper