Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma Indonesia, Ini Deretan Negara yang Pernah Kena Sanksi FIFA

Badan sepak bola dunia atau FIFA memiliki aturan yang ketat bagi anggotanya dan sejumlah negara pernah merasakan hukuman karena adanya intervensi dari pihak ket
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Badan sepak bola dunia atau FIFA memiliki aturan yang ketat bagi anggotanya dan sejumlah negara pernah merasakan hukuman karena adanya intervensi dari pihak ketiga.

Selama satu dekade terakhir atau FIFA di bawah pimpinan Sepp Blatter dan Gianni Infantino sedikitnya ada enam negara yang harus merasakan hukuman itu termasuk Indonesia.

Khusus Indonesia, saat ini baru saja merasakan kegagalan setelah predikat tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni dibatalkan oleh FIFA.

Sejumlah polemik menjadi sebab dibatalkan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen besar dua tahunan itu mulai adanya penolakan Timnas Israel oleh beberapa pihak diantaranya Gubernur Bali dan Jawa Tengah.

Berikut enam negara yang pernah merasakan sanksi dari FIFA:

1. Nigeria (2014)

Nigeria Football Federation (NFF) memecat komite eksekutif setelah hasil buruk yang diperoleh tim nasional Nigeria dalam ajang Piala Dunia 2014. NFF kemudian mengganti jajaran komite eksekutif itu dengan pegawai negeri sipil. Pemerintah Nigeria juga turut andil dalam pemilihan Ketua Umum NFF.

FIFA kemudian menjatuhkan sanksi kepada NFF berupa pembekuan. Pada 2010, Nigeria juga menerima sanksi yang sama setelah terbukti pemerintah Nigeria campur tangan dalam mundurnya Sekjen NFF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Indonesia Hingga Pakistan
Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper