Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam, Maruf Amin: Laga Berat!

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyebut pertandingan leg laga pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam merupakan pertandingan yang berat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 06 Januari 2023  |  13:59 WIB
Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam, Maruf Amin: Laga Berat!
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bicara soal leg pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam - Bisnis.com/Akbar Evandio.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyebut pertandingan leg laga pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam merupakan pertandingan yang berat.

Indonesia akan menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore.

Menurut Wapres Ma'ruf Amin, partai menghadapi Vietnam merupakan laga berat bagi timnas Indonesia.

"Soal prediksi nanti malam, pertandingan tentunya [berjalan] berat. Wah [berjalan] berat ini. Berat sekali. Selama ini, Indonesia imbang dan sering kalah, tetapi malam ini semua harapkan kemenangan [untuk timnas Indonesia]," ujar Wapres Ma'ruf Amin kepada wartawan saat ditemui di Pisangan Baru, Jumat (6/1/2023).

Saat ditanyai mengenai prediksi skor dari tim Garuda kontra tim Golden Stars, Ma’ruf memilih untuk tak berkomentar dan mengajak masyarakat untuk mendoakan agar anak asuh Shin Tae-yong dapat merebut tiket final.

"Hahaha. Ya, lihat saja nanti. Lebih baik, kita doakan menang dan masuk final," tuturnya.

Sebelumnya, orang nomor dua di Indonesia ini juga menegaskan agar pemain timnas Indonesia dapat meminimalisir egoisme saat berada di lapangan hijau.

"Beliau [Ma’ruf Amin] berpesan yang penting untuk diperhatikan oleh timnas Indonesia. Pertama, jaga kekompakan tim. jangan sampai egoisme diri mengalahkan kepentingan tim," ujar Jubir Wapres Masduki Baidlowi kepada Bisnis, Kamis (5/1/2023).

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin disebutnya juga berpesan agar pilar Garuda tidak patah arang bagaimanapun jalannya pertandingan hingga peluit akhir ditiupkan oleh wasit.

"Kedua pesannya, semangat pantang menyerah apapun yg terjadi sebelum peluit akhir pertandingan berbunyi. Ketiga, masa injury time sebagai masa kritis harus waspada," ujarnya.

Adapun, saat ditanyakan apakah Wakil Presiden Ke-13 ini akan menonton pertandingan secara langsung di Gelora Bung Karno, Masduki mengatakan bahwa Ma’ruf Amin tidak akan berangkat ke stadium terbesar di Indonesia itu.

"Beliau tak menonton langsung pertandingan tersebut [di GBK]," pungkas Masduki.

Setali tiga uang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan jelang leg pertama Indonesia melawan Vietnam dalam laga semifinal Piala AFF 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai meninjau latihan timnas Indonesia, Kamis (5/1/2023).

Jokowi meminta agar Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan fokus menghadapi laga kontra Vietnam.

"Harapannya, sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden Joko Widodo yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak kita harus main fokus," ucap Menpora Zainudin Amali, Kamis (5/1/2023).

Timnas Indonesia akhirnya berhasil menundukkan Filipina dengan skor 2-1 dan melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A.

Di sisi lain, Vietnam memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Myanmar 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (3/1/2023). Kemenangan tersebut membawa Vietnam menjadi juara Grup B.

Setelah melakoni leg pertama, timnas Indonesia selanjutnya akan bertandang ke kandang timnas Vietnam untuk pertandingan leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres ma'ruf amin Piala AFF 2022 indonesia vs vietnam timnas indonesia
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top