Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semifinal Piala AFF 2022, Pesan Jokowi untuk Egy Maulana Vikri

Jokowi memberi pesan jelang leg laga pertama Indonesia melawan Vietnam dalam laga Semifinal Piala AFF 2022 pada hari ini.
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) memberikan arahan kepada tim nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023), sehari jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam./Antara
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) memberikan arahan kepada tim nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023), sehari jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan jelang leg laga pertama Indonesia melawan Vietnam dalam laga Semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada hari ini Jumat (6/1/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai meninjau latihan Timnas Indonesia, Kamis (5/1/2023).

Jokowi disebutnya, meminta agar Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan fokus menghadapi Vietnam.

"Harapannya, sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden Joko Widodo yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak kita harus main fokus," katanya, Kamis (5/1/2023).

Setali tiga uang, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin juga menegaskan agar tim nasional (timnas) Indonesia dapat meminimalisir egoisme saat berada di lapangan hijau.

“Beliau [Ma’ruf Amin] berpesan yang penting untuk diperhatikan oleh timnas kita. Pertama, jaga kekompakan tim. jangan sampai egoisme diri mengalahkan kepentingan tim,” ujar Jubir Wapres Masduki Baidlowi kepada Bisnis, Kamis (5/1/2023).

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin disebutnya juga berpesan agar punggawa Garuda tidak patah arang bagaimanapun jalannya pertandingan hingga peluit akhir ditiupkan oleh wasit.

“Kedua pesannya, semangat pantang menyerah apapun yg terjadi sebelum pluit akhir pertandingan berbunyi. Ketiga, masa injury time sebagai masa kritis harus waspada,” ujarnya.

Adapun, saat ditanyakan apakah Wakil Presiden Ke-13 ini akan menonton pertandingan secara langsung di Gelora Bung Karno, Masduki mengatakan bahwa Ma’ruf Amin tidak akan berangkat ke stadium terbesar di Indonesia itu.

“Beliau tak menonton langsung pertandingan tersebut [di GBK],” pungkas Masduki.

Di sisi lain, Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) turut memastikan semua pemain di skuadnya siap untuk tampil menghadapi Vietnam pada hari ini (6/1/2023) termasuk kiper Nadeo Argawinata. Sebelumnya, kondisi kiper Bali United itu mengalami cedera di tengah laga pemungkas Grup A kontra Filipina hingga harus digantikan oleh Syahrul Trisma.

" Semua pemain dalam kondisi baik, nadeo pun tidak ada masalah besar kemarin pun udah mengikuti latihan dengan baik," ujarnya dalam konferensi pers sebelum pertandingan di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) ini juga mengaku bahwa dirinya sempat geram lantaran peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik dari para pemain di laga fase grup A, bahkan setelah selesai laga melawan Filipina walaupun Indonesia lolos, tetapi dia menegur dan marah kepada anak asuhnya di ruang ganti.

“Namun, sekarang dari pemain juga harus bisa melupakan masa lalu. Dan latihan juga selama dua hari dan hari ini juga sama untuk finishing. Secara isi pertandingan sudah bagus dan makin berkembang. Begitupun finishing sudah baik. Jadi pertandingan ini juga pasti akan lebih baik lagi. Saya sudah mempersiapan agar tidak ada lagi kata tidak beruntung atau tidak bagus dalam finishing,” tuturnya.

STY pun kembali memastikan bahwa di pertandingan perdana di Semifinal kontra dengan Vietnam, kondisi pemain Indonesia sudah dalam keadaan baik secara fisik dan mental, apalagi pertandingan sebagai tuan rumah.

“Jadi, saya akan janjikan kepada masyarakat indonesia dan para fans sepak bola Indonesia untuk [bisa melihat] penampilan yang terbaik dan keren,” pungkas Shin.

Sebelumnya, Timnas Indonesia akhirnya berhasil menundukkan Filipina dengan skor 2-1 dan melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A.

Di sisi lain, Vietnam memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Myanmar 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (3/1). Kemenangan tersebut membawa Vietnam menjadi juara Grup B.

Setelah melakoni leg pertama, timnas Indonesia selanjutnya akan bertandang ke kandang timnas Vietnam untuk pertandingan leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper