Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Piala Dunia 2022: Didier Deschamps si Spesialis World Cup

Kalau ada satu sosok yang paling berjasa mengantar timnas Prancis berprestasi di Piala Dunia, jawabannya adalah Didier Deschamps.
Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps/Reuters
Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kalau ada satu sosok yang paling berjasa mengantar timnas Prancis berprestasi di Piala Dunia, jawabannya adalah Didier Deschamps.

Laga final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Prancis lolos ke final usai menghentikan kisah sensasional Maroko dengan skor 2-0 di semifinal.

Adapun Argentina berhasil melenggang ke partai puncak usai menggebuk Kroasia tiga gol tanpa balas.

Bagi Prancis, ini adalah final Piala Dunia kedua beruntun setelah edisi 2018 di Rusia. Kala itu, Prancis keluar sebagai juara setelah menang 4-2 atas Kroasia di final.

Kini Prancis punya kans meraih gelar Piala Dunia back to back alias dua kali beruntun. Tim terakhir yang mampu meraih back to back juara Piala Dunia adalah Brasil pada 1958 dan 1962.

Terkhusus bagi Didier Deschamps, pelatih Prancis, ia akan sejajar dengan Vittorio Pozzo, pelatih yang dua kali mengantar Italia juara Piala Dunia secara berturut-turut pada 1934 dan 1938.

Sementara Brasil yang back to back juara Piala Dunia pada 1958 dan 1962 dilatih oleh dua orang berbeda yakni Vicente Feola dan Aymore Moreira.

Agaknya tak berlebihan jika melabeli Didier Deschamps sebagai spesialis Piala Dunia. Sebab, semasa Deschamps jadi pemain, ia turut mengantar Les Bleus menjadi juara Piala Dunia 1998. Itu adalah gelar juara terakhir bagi Prancis sebelum dibesut Deschamps.

Jika mampu memenangi final malam hari nanti, trofi Piala Dunia Deschamps akan bertambah jadi tiga. Dua sebagai pelatih dan satu saat menjadi pemain.

Sebagai pelatih, Didier Deschamps telah membawa Prancis tampil dalam 18 pertandingan di ajang Piala Dunia dengan rincian 14 kemenangan, dua kali imbang, dan hanya dua kali kalah.

Hanya Helmut Schon (Jerman) pelatih yang lebih sukses meraih kemenangan lebih banyak di Piala Dunia yaitu 16 kali.

Meski demikian, dari aspek persentase kemenangan, Didier Deschamps mencatat 78 persen kemenangan.

Jumlah tersebut membuat eks pelatih Juventus itu memiliki persentase lebih baik dibandingkan pelatih lainnya dalam sejarah Piala Dunia.

Sejak menangani timnas Prancis pada 2012, Deschamps memang terbilang sukses. Ia membawa Tim Ayam Jantan jadi runner-up Euro 2016, sebelum akhirnya juara di Piala Dunia 2018.

Pada Euro 2020 Prancis gagal melenggang ke final, namun dua tahun kemudian mereka berpeluang mempertahankan mahkota juara dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper