Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Argentina vs Kroasia: Modric Ungkap Kunci Sukses Vatreni di Piala Dunia

Luka Modric mengatakan bahwa kunci sukses berjayanya Kroasia di ajang piala dunia adalah perjuangan yang dirasakan para pemain sebagai negara yang merdeka.
 Luca Modric/Istimewa
Luca Modric/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kapten Kroasia Luka Modric menyebutkan bahwa perjuangan sebagai negara merdeka merupakan kunci sukses berjayanya tim dengan julukan Vatreni itu di ajang piala dunia.

Kroasia merupakan negara kecil yang jumlah penduduknya hanya sekitar 3,8 juta. Kroasia juga merupakan negara yang baru merdeka pada 1991 setelah sebelumnya menjadi bagian dari Yugoslavia.

Dalam upayanya merdeka, negara ini dilanda perang selama 4 tahun melawan Republik Federal Sosialis Yugoslavia.

Meski begitu, dalam sepak bola, nama Kroasia cukup bersinar, setidaknya dalam 2 kali ajang piala dunia terakhir. Kroasia secara beruntun berhasil lolos ke babak semi final piala dunia. Di Piala Dunia 2018, Kroasia berhasil menjadi runner-up.

Pada Piala Dunia 2022, Kroasia juga masuk semi final setelah mengandaskan lawan tangguh yang difavoritkan juara Brasil.

Total di usianya yang tergolong masih muda, Kroasia telah ikut di 6 kejuaraan piala dunia. Dari ke-6 ajang yang diikuti, 3 diantaranya berhasil lolos semi final.

Luka Modric mengatakan bahwa kunci sukses berjayanya Kroasia di ajang piala dunia adalah perjuangan yang dirasakan para pemain sebagai negara yang merdeka. Gelandang berusia 37 tahun itu merasa bahwa semangat juang memungkinkan Kroasia memenangkan perang kemerdekaan. Perjuangan itu lah yang juga tertanam di benak pemain.

“Kami semua terdorong bermain untuk negara kami dan untuk seragam ini. Kami banyak berjuang untuk memenangkan kemerdekaan kami sebagai bangsa, dan kami terus berjuang sampai titik darah penghabisan," ujar Modric dikutip dari The Mirror pada Senin (12/12/2022).

Modric sendiri pernah merasakan menjadi seorang pengungsi ketika perang pecah pada 1991. Final Piala Dunia 2022 pada 18 Desember 2022 nanti akan dimainkan pada peringatan 31 tahun dieksekusi kakeknya di tangan tentara yang tidak pernah diadili. Hal tersebut memberikan motivasi lebih bagi Modric untuk lolos ke babak final dan menjadi juara.

Pemain Real Madrid ini sendiri menjadi andalan Zlatko Dalic di lini tengah bersama Mateo Kovacic dan Marcelo Brozović. Kapten Kroasia ini telah meraih penghargaan pemain sepak bola terbaik atau Ballon d'Or pada 2018.

Sementara, selain dihuni gelandang kelas kakap seperti Modric, Kroasia juga mengandalkan sejumlah pemain top lainnya seperti pemain sayap Tottenham Hotspurs Ivan Perisic dan bek tangguh dari Red Bull Leipzig Josko Gvardiol. Kiper Kroasia Dominic Livakovic juga akan menjadi momok menakutkan bagi lini serang lawannya.

Meski begitu, di babak semifinal nanti Kroasia akan menghadapi lawan tangguh Argentina. Pertandingan tersebut akan digelar di Lusail Stadium pada Rab (14/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper