Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Negara Muslim di Piala Dunia 2022, Ada Arab Saudi

Berikut ini adalah beberapa negara muslim di piala dunia 2022 yang ikut berlaga di acara besar sepak bola.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 November 2022  |  08:56 WIB
Daftar Negara Muslim di Piala Dunia 2022, Ada Arab Saudi
Negara Muslim di Piala Dunia 2022 - Getty Images
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar sudah dimulai sejak Minggu (20/11/2022). Acara ini diadakan di stadion Al Bayt, Al Khor dan diawali dengan pertandingan tuan rumah Qatar melawan Ekuador di laga pembuka grup A Piala Dunia 2022. Event akbar sepak bola dunia ini juga diikuti beberapa sejumlah negara muslim. Untuk itu, kamu perlu mengetahui negara Muslim di Piala Dunia 2022. 

Negara-negara Muslim yang akan bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar cukup banyak. Ada enam negara Muslim yang ikut ambil bagian dalam ajang yang diikuti 32 negara dan digelar pertama kali di Jazirah Arab tersebut. 

Berikut ini beberapa negara Muslim di Piala Dunia 2022 yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Qatar 

Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 adalah negara yang terletak di pantai timur laut semenanjung Arab. Ibu kota Qatar adalah Doha dan bahasa resminya adalah bahasa Arab. 

Tim Nasional Qatar, The Maroon, memainkan pertandingan resmi pertamanya pada tahun 1970 melawan tuan rumah Bahrain, kalah 1-2. Sejak saat itu, tim tersebut sudah tampil di sepuluh turnamen Piala Asia sejauh ini, dan telah memenangkannya sekali pada tahun 2019. 

Dalam Piala Arab FIFA 2021, Qatar memenangkan semua pertandingan penyisihan grup dan menghadapi UEA, menang 5-0. Mereka kalah 2-1 di semifinal melawan Aljazair dan akhirnya menempati posisi ke 3. 

2. Senegal 

Timnas Senegal juga masuk ke dalam negara Muslim yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Tim ini diantaranya akan diperkuat oleh Sadio Mane, pemain kawakan yang merupakan gelandang sayap tim Bundesliga Jerman Bayern Munich. 

Tim asal Afrika Barat ini dijuluki Teranga Lions. Senegal pernah menjuarai Piala Afrika 2021 dengan mengalahkan Mesir melalui babak adu penalti. Ia diprediksi akan menemani Belanda lolos babak fase grup. 

3. Maroko 

Maroko merupakan sebuah negara di Afrika Utara yang berpenduduk sekitar 34 juta di atas area seluas 710.850 km2. Ibu kotanya adalah Rabat, tetapi yang terbesar adalah Casablanca. Agama utama kerajaan Maroko adalah islam yang dianut 99 persen oleh penduduknya, dan bahasa resminya adalah Amazigh dan Arab. Timnas Maroko alias “Atlas Lions” mencapai posisi 10 dalam peringkat dunia FIFA 1998. Tim ini dibentuk pada tahun 1928 dan memenuhi enam kali masuk Piala Dunia FIFA. 

4. Arab Saudi 

Kerajaan Asia Barat terbentang sekitar 2 juta km2. Ibu kotanya adalah Riyadh dan Agama Islam dianut oleh hampir 99 persen penduduknya yang berbahasa Arab sebagai bahasa utama. Negara ini memiliki populasi hampir 20 juta orang. Tim sepak bola nasional Arab Saudi, The Green dibentuk pada tahun 1956. Ia memegang tiga gelar Piala Asia, lolos enam kali ke Piala Dunia FIFA dan memenangkan medali emas di permainan solidaritas Islam 2005 di Hijaz. 

5. Tunisia 

Tunisia akan mengambil Piala Dunia untuk keenam kalinya. Sebelumnya, Tunisia ambil bagian di Piala Dunia 1978,1998,2002, 2006 dan 2018. Sejauh ini, Langkah Tunisia selalu redup di fase grup. Hanya saja, Tunisia belum tentu ambil bagian di Piala Dunia 2022. Sebab, ada rencana FIFA mencoret Tunisia dari Piala Dunia 2022 karena adanya intervensi dari pemerintah setempat kepada Federasi sepak bola Tunisia. 

Itulah beberapa negara muslim di Piala Dunia 2022 yang mungkin belum kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Negara Muslim di Piala Dunia piala dunia 2022 piala dunia qatar
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top