Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Brasil vs Serbia, Susunan Pemain, Data Fakta, Head to Head

Jadwal pertandingan Brasil vs Serbia dalam Grup G Piala Dunia 2022, akan dilaksanakan di Stadion Lusail, Jumat. Ini prediksi skor Brasil vs Serbia.
Pelatih timnas Brasil, Tite / Reuters
Pelatih timnas Brasil, Tite / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal pertandingan Brasil vs Serbia dalam Grup G Piala Dunia 2022, akan dilaksanakan di Stadion Lusail, Jumat (25/11/2022) mulai 02.00 WIB, dengan disiarkan langsung oleh SCTV, Vidio, dan Moji.

Brasil ditempatkan sebagai favorit kuat juara dalam turnamen empat tahunan ini. Status itu akan diuji malam nanti.

Mereka akan tampil dengan mengusung misi tinggi. Tim yang dibekali banyak pemain hebat ini akan memperbaiki rekornya dengan mengejar gelar juara keenamnya.

Dalam tim asuhan Tite ini ada 16 pemain debutan Piala Dunia. Sekalipun begitu, mereka adalah pemain-pemain muda yang sudah akrab dengan penggemar sepak bola dunia karena sudah menjadi andalan klub mereka yang rata-rata raksasa penguasa sepak bola Eropa. Vinicius Jr, Rodrygo, Raphinha, Eder Militao, Bruno Guimaraes, dan Antony adalah beberapa dari mereka.

Kehadiran pemain-pemain muda yang cemerlang seperti itu, mengurangi beban Neymar. Kini tugas dan harapan Brasil tak hanya tesandang di pundaknya. Mereka juga bisa membantu pemain PSG ini menemukan permainan terbaiknya.

Brasil sudah memenangkan 37 dari 50 pertandingan sejak dikalahkan Belgia dalam perempat final Piala Dunia 2018 di Rusia. 
Selama periode itu,Tim Samba kalah dalam satu pertandingan resmi ketika menyerah 0-1 kepada seteru abadi Argentina dalam final Copa America 2021.

Mereka kebobolan 19 gol sebelum mencapai Piala Dunia Qatar. Namun, pada laga lain, mereka mampu membuat 33 clean sheet (tak kebobolan) dari 50 pertandingan terakhirnya.

Latar belakang Tite yang cenderung memperhatikan pertahanan, memunculkan spekulasi bahwa dia akan menurunkan tim yang solid bertahan, apalagi Serbia seperti umumnya tim Balkan selalu tampil menekan. Skenario ini membuat Vinicius Jr diragukan menjadi starter.

Striker berusia 22 tahun itu mencetak gol kemenangan Real Madrid dalam final Liga Champions melawan Liverpool dan menduduki urutan kedelapan dalam jumlah suara Ballon d'Or bulan lalu. Fakta ini mengatrol dia ke level atas dalam musim kelimanya bersama Real Madrid.

Namun, tempatnya sebagai starter belum terjamin benar. Di tim Brasil masih ada Neymar, Richarlison, dan Raphinha yang mungkin lebih dipilih Tite. Tetapi dengan kehebatannya sulit mengabaikan Vinicius Jr.

Di titik ini, bisa pula dilihat, kemewahan seperti apa yang dimiliki Tite saat menyusun tim intinya. Pemain hebat di klub raksasa Eropa bisa saja hanya dia tempatkan sebagai cadangan.

Tite menutup rapat-rapat bocoran soal ramuan timnya. Di lini tengah, misalnya, belum jelas apakah dia akan memasangkan duet gelandang Manchester United, Fred dan Casemiro, atau memilih opsi lain.

Yang pasti, Tite layak waspada. Piala Dunia di Qatar sudah memakan korban dua raksasa sepak bola dunia. Pertama, Argentina yang ditumbangkan Arab Saudi 1-2. Kedua, Jerman yang menyerah kepada Jepang juga dengan 1-2.

Tetapi Tite menegaskan ia tak tertekan. "Tekanan itu alamiah. Brazil memiliki sejarah terbesar dalam sepak bola dan dengan warisan seperti itu maka tekanan akan selalu ada," kata dia seperti dikutip Reuters.

Serbia sadar menghadapi tim hebat. Tetapi sukses Arab Saudi dan Jepang, membuat mereka turut yakin tak ada yang tak bisa dikalahkan oleh mereka. Apalagi meeka masuk turnamen ini dengan bekal menawan karena lolos otomatis mewakili Grup A zona Eropa usai membungkam Portugal 2-1 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang terakhirnya.

Secara keseluruhan, Serbia memenangkan enam pertandingan dan seri dua kali. Dan ini membuat Serbia memaksa Portugal melewati dahulu babak playoff sebelum bisa membawa tiket putaran final Piala Dunia 2022.

Dengan perjalanan semulus itu wajar jika Serbia diselimuti oleh kepercayaan diri yang tinggi. Apalagi mereka juga baru promosi ke Liga A Nations League setelah menang 2-0 atas Norwegia yang diperkuat bomber Erling Haaland, berkat dua gol yang dibuat Dusan Vlahovic dan Aleksandar Mitrovic.

Prediksi Susunan Pemain Brasil vs Serbia

Serbia (3-4-1-2): Vanja Milinkovic-Savic; Nikola Milenkovic, Stefan Mitrovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic, Nemanja Gudelj, Sergej Milinkovic-Savic, Filip Kostic; Dusan Tadic; Dusan Vlahovic, Luka Jovic

Brazil (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison.

Taktik dan Skenario pertandingan Brasil vs Serbia:

Menghadapi Brasil yang supertajam, Serbia berancang-ancang melindungi ekstra kipernya dengan memasang tiga bek tengah dalam formasi 3-4-1-2. Sayangnya, Aleksandar Mitrovic masih berjuang menghadapi cedera pergelangan kaki sehingga kemungkinan akan absen di laga ini. Untuk itu, Luka Jovic mungkin dipasang sebagai starter di ujung serangan bersama Dusan Vlahovic.

Dusan Tadic akan tepat berada di belakang ujung tombak kembar itu guna merusak konsentrasi dan mengganggu lini pertahanan Brazil. Namun, kekuatan Serbia terletak di lini tengah di mana Sergej Milinkovic-Savic yang sedang dalam performa terbaiknya akan berduet dengan Nemanja Gudelj di episentrum lapangan. Peran keduanya akan jadi tumpuan untuk meredam agresi Brasil dan jadi motor saat merancang serangan.

Unit pertahanan harus dalam performa terbaik kala menghadapi tim sedahsyat Brasil yang tak pernah berhenti menekan. Untuk itu, trio bek tengah Stefan Mitrovic, Nikola Milenkovic, dan Strahinja Pavlovic akan membentuk benteng di depan kiper Vanja Milinkovic-Savic. Andrija Zivkovic dan Filip Kostic akan menjadi dua bek sayap yang sekaligus bertarung dengan sayap Brazil dan membantu serangan dari sisi lapangan.

Siapa pun lawannya, Brasil dipastikan tetap menyerang. Tetapi Tite adalah jenis pelatih yang berbeda dari pendahulunya. Ia mengedepankan keseimbangan. Agresi luar biasa dari timnya, selalu dia lapos dengan pertahanan kokoh.

Dia tampaknya akan memasang pola yang sama-sama kuat baik di belakang maupun di depan. Ini membuat formasi 4-2-3-1 menjadi paling ideal bagi Brasil. Apalagi Serbia tak memiliki kebiasaan untuk mengandalkan serangan balik dan reaktif menumpuk pemain kala menghadapi tim yang agresif.

Dalam formasi seperti ini, Alisson Becker akan dilindungi dengan sangat baik oleh duet bek tengah Thiago Silva dan Marquinhos di jantung pertahanan. Duet itu sudah terbukti keampuhannya di Paris Saint-Germain. Danilo akan mengawal mereka dari sayap kanan, sedangkan Alex Sandro berada di sayap kiri pertahanan.

Tete mungkin memasangkan Casemiro yang tempatnya tak tergantikan, dengan Lucas Paqueta, di poros lapangan. Casemiro memiliki tugas ekstra membantu pertahanan, sedangkan Paqueta akan aktif mengalirkan bola ke depan dan sesekali turut menusuk, membantu tim serang yang bakal diisi tiga bintang yang sama mautnya.

Neymar akan dipasang tepat di belakang ujung tombak Richarlison. Sedangkan Vinicius Junior dan Raphinha akan menusuk Serbia dari kedua sayap. Kombinasi empat pemain depan ini bisa jadi momok menakutkan bagi pertahanan tim manapun.

Statistik Penting Brasil vs Serbia:

• Sebelum ini Brasil dan Serbia sudah pernah satu kali bertemu dalam Piala Dunia, tepatnya pada fase grup Piala Dunia 2018. Tim Amerika Selatan itu menang 2-0 dari dua gol yang dibuat Paulinho dan Thiago Silva. Dalam pertemuan lainnya Brazil juga menang 1-0 dalam laga persahabatan pada 2014.

• Brasil sudah lima kali menjuarai Piala Dunia dan pada edisi ini kembali menjadi favorit juara.

• Brasil selalu tampil dalam putaran final sejak 1930 tetapi sejak terakhir kali juara pada 2002 mereka belum pernah lagi mencapai final.

• Neymar adalah pencetak gol terbanyak Brasil selama kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan dengan delapan gol. Saat itu mereka lolos tanpa satu kali pun kalah.

• Aleksandar Mitrovic, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Serbia dengan 50 gol, juga mencetak delapan gol dalam kualifikasi Piala Dunia tetapi mungkin absen karena cedera dalam laga pembuka ini.

• Serbia tidak terkalahkan selama kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan memuncaki grup setelah Mitrovic menyarangkan gol penentu kemenangan atas Portugal yang memastikan tiket otomatis ke Qatar.

• Serbia tidak pernah melewati fase grup sejak bercerai dengan Montenegro pada 2006.

Prediksi Skor Brasil vs Serbia:

Melihat apa yang terjadi pada Amerika Serikat saat dikalahkan Arab Saudi, Timnas Brasil tidak dapat berasumsi bahwa pertandingan ini akan bisa mereka menangi dengan mudah. Apalagi Serbia dikenal memiliki kekuatan dan kesolidan jauh di atas Arab Saudi atau Jepang, yang sudah mengejutkan Jerman.

Namun, Selecao dapat memanfaatkan kelemahan lini belakang Serbia yang selalu kebobolan di delapan kualifikasi mereka. Dengan materi pemain yang dimilikinya, mereka sangat diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini.

Skor Brasil vs Serbia: 2-1

Skor Brasil vs Serbia: 2-2

Skor Brasil vs Serbia: 1-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper