Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 8 Stadion Piala Dunia 2022, Apa Saja?

Terdapat delapan stadion piala dunia 2022 yang tersebar di beberapa kota di Qatar. Berikut daftar lengkapnya.
8 Stadion Piala Dunia 2022, salah satunya Al Bayt Stadium - FIFA.jpg
8 Stadion Piala Dunia 2022, salah satunya Al Bayt Stadium - FIFA.jpg

Bisnis.com, JAKARTA - Piala dunia 2022 sudah dimulai. Perhelatan olahraga sepak bola terbesar ini diselenggarakan di Qatar. Tak hanya di satu tempat, piala dunia ternyata menggunakan beberapa stadion. Setidaknya ada delapan stadion piala dunia 2022.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas delapan stadion yang digunakan untuk piala dunia. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Stadion Qatar Piala Dunia 2022

Qatar memiliki sejumlah stadion yang digunakan untuk pelaksanaan piala dunia. Berikut ini profil dari delapan stadion yang digunakan untuk piala dunia 2022.

1. Al Bayt Stadium

Stadion piala dunia 2022 yang pertama yaitu Al Bayt Stadium. Tempat ini digunakan untuk opening ceremony pada 20 November 2022. Tak hanya itu, stadion ini digunakan untuk pertandingan pembuka antara Qatar vs Ekuador.

Stadion ini terletak di kota Al Khor dan merupakan stadion bola terbesar yang digunakan untuk piala dunia tahun ini. Stadion ini diketahui bisa menampung penonton sebanyak 60 ribu orang.

2. Stadion Al Janoub

Stadion Qatar piala dunia lainnya yaitu Al Janoub. Stadion ini terletak di kota Al Wakrah. Kapasitas Stadion ini memang tidak sebesar Al Bayt. Akan tetapi, masih bisa menampung penonton sebanyak 40 orang.

3. Stadion Al Thumama

Al Thumama merupakan stadion yang terletak di kota At Thumama. Stadion ini mempunyai desain unik seperti  topi tenun tradisional Timur Tengah. Sama seperti stadion Al Janoub, stadion Al Thumama juga memiliki kapasitas 40 ribu penonton. Akan tetapi, setelah piala dunia kapasitas stadion ini dikurangi menjadi 20 ribu penonton.

4. Stadion 974

Stadion piala dunia 2022 lainnya yaitu stadion 974 yang berada di kota Doha. Stadion ini juga mempunyai kapasitas sebanyak 40 ribu penonton.

Nama stadion ini sangat unik diambil dari kode panggilan internasional Qatar yakni +974. Selain itu, stadion ini juga dibangun menggunakan kontainer baja bekas yang dimodifikasi sebanyak 974.

5. Stadion Internasional Khalifa

Stadion Internasional Khalifa ini merupakan stadion tertua di Qatar. Stadion yang berada di kota Al-Rayyan ini dibuka pada tahun 1976. Stadion ini juga pernah digunakan untuk perhelatan Piala Teluk dan Asian Games. Sebelum piala dunia dimulai, stadion ini direnovasi dan kini sudah bisa menampung sebanyak 40 ribu penonton.

6. Stadion Ahmed bin Ali

Stadion lainnya yang digunakan untuk piala dunia yaitu stadion Ahmed bin Ali. Stadion ini terletak di kota Al Rayyan dan sudah dibangun sejak 2003 silam. Akan tetapi, stadion ini sempat dihancurkan pada tahun 2015 akan tetapi dibangun kembali setahun kemudian. Kini, stadion ini sudah siap digunakan untuk pelaksanaan piala dunia dan dapat menampung penonton sebanyak 45 ribu orang.

7. Education City Stadium

Stadion lainnya yang juga digunakan untuk perhelatan piala dunia yaitu Education City Stadium. Stadion ini berada di kota Al Rayyan dan dibangun khusus untuk pertandingan piala dunia. Stadion ini sudah dibuka pada Februari 2020 dan mampu menampung sebanyak 45 ribu penonton.

8. Lusail Iconic Stadium

Stadion final piala dunia 2022 berada di kota Lusail. Stadion yang digunakan untuk final yaitu Lusail Iconic Stadium. Stadion terbesar di Qatar ini bisa menampung penonton sebanyak 80 ribu orang.

Itulah delapan stadion piala dunia 2022 dengan kapasitas yang besar. Selain kapasitasnya yang besar, stadion tersebut juga memiliki beragam fasilitas penunjang perhelatan akbar sepak bola dunia di tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper