Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Pemain Kunci Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Timnas Belanda akan memainkan edisi ke-11 dalam keikutsertaannya di Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar. Berikut lima pemain andalan Oranje.
Ilustrasi - Penyerang timnas Belanda Memphis Depay dan Luuk de Jong/Antara/Reuters-Piroschka van de Wouw
Ilustrasi - Penyerang timnas Belanda Memphis Depay dan Luuk de Jong/Antara/Reuters-Piroschka van de Wouw

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Belanda akan memainkan edisi ke-11 dalam keikutsertaannya di Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar.

Pada edisi Piala Dunia 2022, timnas Belanda akan tergabung dengan Grup A bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal.

Dalam edisi Piala Dunia 2022 ini, pelatih Belanda Louis van Gaal membawa beberapa nama baru yang masuk ke skuad Oranje di Piala Dunia 2022. Belanda bertekad memutus kutukan spesialis runner-up yang dilabelkan kepada mereka. 
Pada pertandingan pertama, Belanda akan bertemu dengan tim kuat Senegal dalam laga di Al Thumama Stadium, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB.
Melansir dari laman resmi FIFA, berikut lima nama yang kiprahnya patut ditunggu di timnas Belanda pada gelaran Piala Dunia 2022:

1. Virgil van Dijk

Batu besar dari Breda ini telah menjadi pusat kebangkitan Belanda dengan kehadirannya yang sulit dilewati, kepemimpinan, dan ancaman dari bola mati.

Setelah memenangkan banyak gelar bersama Liverpool, dia sekarang berusaha untuk membantu timnas Belanda meraih trofi Piala Dunia yang belum pernah diraih sejauh ini.

Van Dijk menjadi runner-up untuk Pemain Terbaik FIFA 2019. Lionel Messi bahkan memberinya label pemain yang "lengkap dan luar biasa".

2. Denzel Dumfries

Dumfries mencatat dua penampilan untuk Aruba saat berusia 17 tahun pada tahun 2014, mencetak gol jarak jauh yang spektakuler melawan Guam. Namun Dumfries kemudian memilih untuk berganti kewarganegaraan menjadi Belanda. 

Beberapa bulan kemudian dia menonton layar raksasa di Amsterdam square ketika Arjen Robben dan Robin van Persie, bersama dengan pemain internasional saat ini Daley Blind dan Giorginio Wijnaldum, membantu kemenangan Belanda 5-1 atas Spanyol yang mengguncang dunia di Piala Dunia 2014 Brasil.
Delapan tahun berlalu dan Dumfires menjadi salah satu bintang EURO 2022, bermain apik untuk PSV dan klubnya saat ini Inter Milan. Dumfries kini sudah memiliki 35 caps untuk timnas Belanda.

3. Frankie De Jong

Pemain Barcelona ini masih menjadi andalan Louis van Gaal dalam rencana besarnya di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain kelahiran Gorinchem ini akan sangat cocok untuk 'Total Football' Belanda tahun 1970-an atau tika-taka Spanyol. Dia disamakan dengan legenda Jerman Franz Beckenbauer dan pelatihnya sekarang di Barcelona, Xavi.
Lulusan akademi Willem II ini telah mengukir 44 caps bersama Belanda, meskipun ia belum mencetak gol dalam 34 pertandingan internasional terakhirnya.
De Jong akan menjadi andalan mengacak-acak pertahanan tim lawan dengan operan ciamiknya selama gelaran Piala Dunia 2022.

4. Memphis Depay

Memphis Depay telah mencetak 21 gol untuk timnas Belanda. Dia menjadi pemain yang teramat penting di skuad Oranje saat ini.

Keterampilan Depay yang tak terduga, umpan terobosan yang membelah pertahanan, dan penyelesaian akhir yang mematikan, mendorong Louis van Gaal menaruh kepercayaan besar padanya. 
Peluang Belanda untuk mendapatkan trofi pertama di Piala Dunia 2022 akan bergantung kepada pemain Barcelona yang mendekati rekor Robin van Persie dengan 50 gol itu.

5. Cody Gakpo

Cody Gakpo akan menjalani debutnya di Piala Dunia pada edisi Qatar tahun ini. Ia mampu menembus tim utama Belanda pada usianya yang masih 23 tahun.
Dia akan beroperasi di sektor sayap penyerangan, utamanya di sisi kiri. Pemanggilan Gakpo tak terlepas dari kegemilangannya bersama PSV Eindhoven musim ini.
Gakpo mampu melesatkan 14 gol dan 17 assist hanya dalam 24 pertandingan bersama PSV di semua ajang. Untuk urusan trofi juara, Gakpo telah meraih semuanya di level domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper