Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Piala Dunia Qatar 2022 Termahal Sepanjang Sejarah, Rogoh US$220 Miliar

Qatar dilaporkan habiskan US$220 miliar sambut gelaran Piala Dunia 2022.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 20 November 2022  |  11:44 WIB
Piala Dunia Qatar 2022 Termahal Sepanjang Sejarah, Rogoh US$220 Miliar
Piala Dunia 2022 Qatar -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ajang Piala Dunia 2022 akan berlangsung hari ini Minggu (20/11/2022). Qatar trecatat menjadi tuan rumah Piala Dunia termahal yang pernah ada.

Dilansir dari Forbes, Qatar diperkirakan telah menghabiskan dana sebanyak US$220 miliar atau senilai Rp3.410 (kurs Rp15.500) sejak pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia pada akhir 2010.

Nominal yang digelontorkan oleh Qatar tersebut tercatat 15 kali lipat lebih besar dari pengeluaran Rusia di gelaran Piala Dunia 2018.

Maklum saja, gelaran tersebut menjadi Piala Dunia pertama yang diadakan di Timur Tengah.

Sebelumnya, Mantan presiden FIFA Sepp Blatter mengatakan pekan lalu keputusan untuk membiarkan Qatar menjadi tuan rumah adalah pilihan yang perlu dipertanyakan kembali.

Blatter beranggapan bahwa Qatar dinilai terlalu kecil untuk menggelar ajang sepak bola sebesar Piala Dunia.

"Ini negara yang terlalu kecil, sepak bola dan Piala Dunia terlalu besar untuk itu," jelas Blatter dilansir dari Forbes, pada Minggu (20/11/2022).

Membengkaknya anggaran penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 disokong oleh sejumlah faktor. Selain melakukan pembenahan pada sarana olahraga, Qatar juga membangun sejumlah infrastruktur lain seperti bandara, hotel, serta jaringan metro yang mumpuni.

Pada 2017, Menteri Keuangan Qatar mengatakan telah menghabiskan US$5.000 juta per minggu yang dialirkan untuk membangun proyek infrastruktur termasuk jalan, hotel, peningkatan bandara, serta stadion.

Disamping itu, hampir 3 juta tiket telah ludes terjual pada pertengahan Oktober. Selain penduduk Qatar, penonton asal Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dilaporkan mendominasi pembelian.

FIFA juga menjelaskan penggemar asal AS, Meksiko, Inggris, Prancis, Argentina, Brasil dan Jerman juga akan turut meramaikan pesta sepak bola dunia ini.

Setidaknya delapan stadion akan menjadi tuan rumah pertandingan di turnamen tersebut. Dilansir dari Bloomberg, tujuh di antaranya merupakan stadion yang baru dibangun.

Adapun, ke-8 stadion yang dimaksud diantaranya:
1. Al- Bayt Stadium
2. Lusail Stadium
3. Ahmad Bin Ali Stadium
4. Al Janoub Stadium
5. Al Thumama Stadium
6. Education City Stadium
7. Khalifa International Stadium
8. Stadium 974

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 piala dunia qatar
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top