Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hasil Indonesia vs Malaysia: Kalah Telak, Peluang Indonesia Lolos Jadi Berat

Timnas U-17 Indonesia digilas Malaysia dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B dengan skor 1-5 di Stadion Pakansari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Oktober 2022  |  22:07 WIB
Hasil Indonesia vs Malaysia: Kalah Telak, Peluang Indonesia Lolos Jadi Berat
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman - Antara/Puspa Perwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas U-17 Indonesia digilas Malaysia dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B dengan skor 1-5 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (9/10/2022).

Dalam pertandingan yang digelar tanpa penonton, mulai 20.00 WIB, Timnas U-17 Indonesia sempat memberikan harapan dengan banyak peluang yang mampu mereka ciptakan di menit-menit awal pertandingan.

Arkhan Kaka dan rekan-rekannya menebar ancaman dengan sejumlah tembakan mengarah ke gawang Malaysia. Namun, peluang yang dimiliki gagal dimanfaatkan menjadi gol. 

Arkhan memiliki peluang emas saat pertandingan baru memasuki menit kedua. Namun, tendangan kaki kanan Arkan Kaka dari dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang. 

Indonesia kembali mendapatkan peluang melalui Achmad Zidan. Tendangan kaki kanan Achmad Zidan dari luar kotak penalti masih melambung. 

Mendapat serangan bertubi-tubi, Malaysia malah berhasil unggul 1-0 saat pertandingan memasuki menit ke-17. Muhammad Zainurhakimi berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan umpan silang dari sayap kanan, sontekannya berhasil membobol gawang Indonesia yang dijaga Andrika Fathir.

Menyusul gol Zainurhakimi, tercipta empat gol tambahan dari Arami Wafiy (21' dan penalti 40'), Muhammad Anjasmirza (24') dan Afiq Danish (28'). Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-5 untuk keunggulan Timnas U-17 Malaysia. 

Absennya kapten Iqbal Gwijangge pun sangat terasa di lini pertahanan Indonesia. Beberapa gol Malaysia terjadi dengan memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia dan serangan balik. Iqbal harus absen karena sudah mengoleksi dua kartu kuning.

Susunan pemain Indonesia vs Malaysia:

Timnas Indonesia U-17: Andrika Fathir; Habil Abdillah, Sulthan Zaky, Rizdjar Nurviat; Figo Dennis, Muhammad Kaifatur, Riski Afrisal, Femas Aprian Crespo, Achmad Zidan; Arkhan Kaka, Nabil Asyura

Timnas Malaysia U-17: Farish Farhanl; Muhammad Aiman, Farish Danish, Adin Ibrahim, Danish Darus, Muhammad Zainurhakimi; Danish Iskandar, Afiq Danish, Muhammad Afiq Danish; Muhammad Anjasmirza, Arami Wafiy

Babak Kedua

Timnas U-17 Indonesia berusaha keras untuk mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan lima gol saat memasuki babak kedua. Namun, upaya mereka tidak mudah karena Malaysia tidak mengendurkan permainannya. 

Pemain Malaysia Afiq Danish memiliki peluang di menit 54, namun tendangannya masih membentur mistar gawang Indonesia. 

Timnas U-17 tampak kesulitan membongkar pertahanan dari Malaysia. Hingga babak kedua berjalan 15 menit, tidak ada peluang yang berarti dibuat oleh pasukan asuhan Bima Sakti ini. 

Malaysia punya peluang di menit 82 melalui sepakan pojok. Namun barisan pertahanan dari Indonesia masih mampu menghalau sepakan pojok Malaysia.

Timnas U-17 Indonesia akhirnya mampu mencetak gol di pengujung laga. Arkha Kaka mencetak gol saat pertandingan memasuki menit 90+2. Ia memanfaatkan bola rebound dari kiper Malaysia, Farish Farhan. Sehingga, skor berubah menjadi 1-5 untuk keunggulan Malaysia.

Timnas U-17 Malaysia memastikan tiket lolos ke putaran final Piala AFC U-17 2023 sebagai juara Grup B. Sedangkan Timnas U-17 Indonesia masih memiliki peluang untuk bisa lolos yaitu melalui runner up terbaik. Namun Indonesia masih harus menunggu tim lain untuk melihat selisih gol. 

Peluang Lolos Indonesia ke Putaran Final Piala Asia U-17 2023

Kekalahan telak dari Malaysia di laga terakhir babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini membuat Timnas U-17 Indonesia berada di ujung tanduk.

Dengan hasil ini, Timnas U-17 Indonesia hanya bisa berharap bisa lolos ke Piala Asia U-17 2023 di Bahrain sebagai salah satu dari enam runner up terbaik. Namun, skuad Garuda Asia harus menunggu hasil dari pertandingan sembilan grup lainnya. 

Perhitungan untuk runner-up terbaik hanya hasil dari tim tiga besar. Jadi hasil Timnas U-17 Indonesia vs Guam dan Palestina tidak dihitung, karena ada grup lain yang hanya diikuti tiga peserta. Artinya, peluang Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 2023 sepertinya akan berat dengan kekalahan besar atas Malaysia di laga ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Timnas U-16 Timnas U-16 Indonesia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top