Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penjelasan Arkhan Soal Tidak Merayakan Gol Berlebihan Saat Lawan Guam

Pemain timnas U-17 Indonesia ternyata sepakat tidak merayakan secara berlebihan gol-gol yang mereka ciptakan saat menang atas Guam 14-0.
Bima Sakti dan Arkhan Kaka/Antara
Bima Sakti dan Arkhan Kaka/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain timnas U-17 Indonesia ternyata sepakat tidak merayakan secara berlebihan gol-gol yang mereka ciptakan saat menang atas Guam 14-0 dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin malam.

Hal ini untuk menghormati para korban, Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban hingga ratusan orang pada Sabtu dan Minggu.

Menurut penyerang Arkhan Kaka, yang membuat empat gol ke gawang Guam, kebijakan tanpa selebrasi adalah hasil kesepakatan tim.

"Kita sekarang sedang berduka, jadi selebrasi gol sewajarnya saja. Di samping menghormati para korban, kami juga berterima kasih kepada Tuhan yang memberikan kemenangan," kata Arkhan. 

Gol-gol Indonesia dibuat Arkhan Kaka (empat gol), Narendra Tegar, Muhammad Riski Afrisal, Sulthan Zaky, bunuh diri bek Guam Donovan John Moss, Jehan Pahlevi, Muhamad Gaoshirowi, Habil Abdilla Yafi, Figo Dennis, Muhammad Nabil Asyura dan Ji Da-bin. 

Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Bima Sakti juga mengatakan kemenangan skuadnya atas Guam dipersembahkan untuk semua korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Kami sedih karena korban begitu banyak. Kami berharap kejadian itu yang menjadi yang terakhir," ujar Bima dalam konferensi pers usai pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Juru taktik berusia 46 tahun itu pun mengajak semua pihak untuk mengambil pelajaran dari peristiwa pada Sabtu (1/10) yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka itu.

Bagi suporter, Bima menyimpan asa agar kejadian di Kanjuruhan membuat semua kelompok pendukung tim sepak bola di Indonesia semakin dewasa dan saling menjaga. "Itu demi kemajuan sepak bola kita," tutur Bima.

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan tiga poin dari satu laga, di bawah pemuncak klasemen Uni Emirat Arab (UEA) dengan enam poin (dua laga).

Malaysia bertengger persis di bawah Indonesia karena tertinggal selisih gol meski berpoin sama. Palestina dan Guam yang selalu kalah ada di anak tangga keempat dan kelima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper