Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hasil Liga 1 Indonesia: Rans Nusantara dan Dewa United Raih Kemenangan

Rans Nusantara FC akhirnya bisa merasakan kemenangan di BRI Liga 1 2022-2023. Tim promosi itu mengalahkan Barito Putera dengan skor 2-1.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  18:50 WIB
Hasil Liga 1 Indonesia: Rans Nusantara dan Dewa United Raih Kemenangan
Ilustrasi - Instagram RANS Nusantara FC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rans Nusantara FC akhirnya bisa merasakan kemenangan di BRI Liga 1 2022-2023. Tim promosi itu mengalahkan Barito Putera dengan skor 2-1 dalam laga pekan ketujuh di Stadion Pakansari, Senin (29/8/2022).

Barito Putera sebenarnya unggul terlebih dahulu, tapi Rans bisa membalikkan keadaan dan meraih kemenangan pertamanya. 

Dengan kemenangan ini, maka Rans FC berada di peringkat 16 dengan lima poin  dari tujuh laga (sekali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah). Sedangkan Barito Putera di posisi 17 dengan tiga poin (sekali menang dan lima kali kalah). Pertandingan berjalan dengan seru dan cukup berimbang sebenarnya. 

Rizky Pora memiliki peluang bagi Barito Putera di menit 25. Namun tendangan keras dari luar kotak penalti masih membentur pemain Rans, Ady Setiawan.

Barito berhasil memimpin saat pertandingan memasuki menit ke-30. Adalah sundulan dari Afdal Yusra yang berhasil menembus gawang Rans  yang dikawal oleh Hilman Syah.

Hampir saja Rans FC menyamakan kedudukan di menit ke-37. Sayangnya tendangan kerasa dari Mitsuru Maruoka masih bisa ditepis oleh kiper Barito, Nor Halid. 

Rans FC akhrinya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 42. Berawal dari tendangan keras dari Mitsuru Maruoka dari luar kotak penalti yang membentur Wander Luiz, bola pun kemudian tidak bisa diantisipasi oleh kiper Barito, Nor Halid. 

Jelang babak pertama berakhir, Barito Putera harus bermain dengan 10 pemain. Adalah Yuswanto Aditya yang mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras kepada Alfin Tuasalamony.

Babak kedua The Pheonix memiliki peluang melalui Alfin Tuasalamony. Namun sepakan dari Alfin masih melebar. 

Rans FC mendapatkan hadiah penalti di menit 59. Pemain Barito, Lutfi Kamal melakukan pelanggaran kepada Alfin Tuasalamony di dalam kotak penalti. Wander Luiz yang menjadi algojo berhasil mencetak gol, bola sepakan dari pemain bernomor punggung sembilan ini bersarang di sisi kiri gawang Barito. Rans FC pun berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Setelah gol penalti  tersebut, permainan dari kedua tim lebih banyak berada di lini tengah. Tempo permainan sepertinya diperlambat oleh Rans FC. 

Jelang babak kedua berakhir, beberapa pemain Rans FC sering membuat kesalahan di lini belakang timnya sendiri. Namun upaya dari Laskar Antasari untuk menyamakan kedudukan masih bisa digagalkan oleh barisan pertahanan Rans FC. Hingga wasit meniup peluit panjang Rans FC berhasil menjaga keunggulan 2-1.

Susunan pemain Rans vs Barito:

Rans Nusantara FC: Hilman Syah; OK John, Victor Sallinas, Edo Febriansah, Ady Setiawan; Fadilla Akbar, Makan Konate, Mitsuru Maruoka, David Laly, Alfin Tuasalamony; Wander Luiz.

Barito Putera: Nor Halid; Yuswanto Aditya, Renan Alves, Franc Sokoy, Bagas Kaffa; Bayu Pradana, Lutfi Kamal, Rizky Pora, Ferdiansyah, Mike OTT; Afdal Yusra. 

Hasil Dewa United vs PSIS:

 Dewa United berhasil mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 2-1 dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin, 29 Agustus 2022.

Gol kemenangan Dewa United diciptakan oleh Karim Rossi (menit 34) dan Majed Osman (57'). Sedangkan satu-satunya gol PSIS Semarang dicetak oleh Wawan Febrianto (59).

Tambahan tiga poin mengantarkan Dewa United naik ke peringkat 10 klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan raihan sembilan poin dari tujuh laga.

Bagi PSIS Semarang, kekalahan ini masih menempatkan mereka di urutan ke-14 dengan koleksi 7 poin. PSIS terancam turun peringkat jika Persib meraih poin di laga melawan PSM Makassar.

Jalannya Pertandingan 

Cuaca di sekitar Indomilk Arena, stadion tempat diselenggarakannya pertandingan Dewa United vs PSIS Semarang, cukup cerah. Kedua tim mempertontonkan skema permainan terbuka. Baik Dewa United maupun PSIS Semarang melancarkan serangan-serangan untuk mencetak gol di laga ini.

Setelah beberapa upaya yang dilakukan masih menemui kebuntuan, pada menit ke-34, striker asing Dewa United, Karim Rossi mencetak gol bagus. Ia melepaskan tendangan jarak jauh mendatar ke gawang PSIS Semarang. Lini pertahanan PSIS telat menutup pergerakan dari Karim Rossi.

Kiper Ray Redondo sudah menjatuhkan diri untuk menghalau sepakan Karim Rossi. Namun bola lebih cepat masuk ke gawangnya. Dewa United unggul 1-0.

Kondisi tertinggal direspons pelatih PSIS Semarang dengan menarik keluar pemain bertahan dan memasukkan Wawan Febrianto yang berkarakter menyerang. Dampaknya cukup terlihat, tim berjuluk Mahesa Jenar mendapatkan beberapa peluang. Upaya terakhir PSIS di babak pertama didapatkan melalui tendangan bebas.

Jonathan Cantillana yang bertugas menjadi eksekutor belum mampu memaksimalkan kesempatan tersebut. Tendangan Cantillana hanya menghasilkan sepak pojok. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Dewa United.

Memasuki babak kedua, pertandingan semakin seru. Kedua tim meningkatkan intensitas serangan. Beberapa pergantian juga dilakukan oleh kedua tim.

Pada menit ke-57, Majed Osman menggandakan keunggulan Dewa United. Ia melakukan tusukan ke dalam kotak penalti PSIS setelah mendapatkan sodoran dari rekannya. Meski ruang tembaknya cukup sempit, Majed Osman mampu melepaskan tendangan yang gagal ditangkap oleh Ray Redondo. Dewa United unggul 2-0.

Dua menit kemudian, PSIS mampu memperkecil ketertinggalan. Memanfaatkan situasi sepak pojok, Wawan Febrianto mencatatkan namanya di papan skor.

Sundulannya membentur mistar gawang dan pantulan bolanya melewati garis gawang. Kiper Dewa United, Syaiful Ramadhan mampu menangkap bola, tapi wasit mengesahkan gol PSIS.

Dalam kedudukan 2-1, pertandingan berjalan semakin menarik. PSIS seperti mendapat udara segar dan motivasi untuk mencari gol penyama kedudukan.

Pada menit ke-85, Dewa United harus bermain dengan 10 pemain setelah  Fahmi Al Ayyubi mendapatkan kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat.

Di akhir pertandingan, kapten Dewa United, Rangga Muslim dikartu kuning karena dinilai menjatuhkan diri di dalam kotak penalti PSIS oleh wasit. Tak ada tambahan gol yang tercipta. Dewa United mengalahkan PSIS dengan skor tipis 2-1.

Susunan Pemain Dewa United vs PSIS:

Dewa United (4-3-3): Syaiful Ramadhan; Dias Angga, Mochammad Zaenuri, Risto Mitrevksi, Jajang Suksmara; Asep Berlian, Majed Osman, Lucas Ramos; Natanael Siringoringo, Karim Rossi, Sugeng Efendi.
Pelatih: Nil Maizar.

PSIS Semarang (4-3-3): Aldhila Ray Redondo; Fredyan Wahyu, Riyan Ardiansyah, Alie Sesay, Frendy Saputra; Alfeandra Dewangga, Guntur Triaji, Jonathan Cantillana; Rachmat Hidayat, Andreas Ado, Taisei Marukawa.
Pelatih: Achmad Resal.

Malam ini masih ada satu laga BRI Liga 1 yang akan berlangsung, yakni PSM Makassar vs Persib Bandung, mulai 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

RANS Nusantara FC Dewa United liga indonesia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top