Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Bintang Bertaburan di Penutupan Asean Para Games 2022

Rangkaian penutupan Asean Para Games 2022 juga akan menampilkan tarian nusantara dan pesta kembang api.
Asean Para Games 2022/Surakarta.go.ig
Asean Para Games 2022/Surakarta.go.ig

Bisnis.com, JAKARTA - Penutupan Asean Para Games 2022 akan dimeriahkan sejumlah bintang musisi papan seperti Andien, Delon, Alffy Rev, Kezia, Inara, hingga Yura Yunita di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Selain kehadiran sejumlah penyanyi tersebut, rangkaian penutupan Asean Para Games 2022 juga akan menampilkan tarian nusantara dan pesta kembang api.

"Tari-tariannya itu kolaborasi dengan penari Kamboja. Jadi, saat penyerahan bendera tuan rumah Indonesia ke Kamboja sebagai tuan rumah berikutnya nanti akan ada background penari Kamboja,” kata Sekretaris Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Rima Ferdianto di Solo, Sabtu.

Upacara penutupan Asean Para Games 2022 juga menampilkan teknologi canggih yang tidak ada saat pembukaan.

Tetapi teknologi ini hanya bisa disaksikan bagi penonton yang melihat melalui broadcast, artinya hanya yang menonton melalui layar kaca yang bisa melihat.

Berbeda dengan saat upacara pembukaan yang mana defile berdasarkan negara peserta, saat penutupan iring-iringan peserta bakal berdasarkan cabang olahraga.

Penerapan protokol kesehatan juga diperketat dan jumlah undangan dikurangi menjadi sekitar 10.000 dari sebelumnya atau saat pembukaan yakni 15.000.

"Penutupan Asean Para Games 2022 akan dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo," kata Rima.

Kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan total 177 emas, 141 perak, dan 110 perunggu.

Hasil ini mengulang pencapaian Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di Asia Tenggara edisi sebelumnya pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika itu, Indonesia juga menjadi juara umum setelah mengumpulkan 126 emas, 75 perak, 50 perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia tercatat tiga kali menjadi jawara setelah prestasi serupa juga terjadi di ASEAN Para Games 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper