Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menantu Jokowi Gelar Kejuaraan Sepak Bola Bonas Cup 2022 Berhadiah Rp3 M

Menantu Presiden RI Joko Widodo yang kini menjabat Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengelar kejuaraan sepak bola di Sumatra Utara. Sesuai namanya, ajang ini berjuluk Bonas Cup 2022 dengan hadiah fantastis.
Panitia penyelenggara Bonas Cup 2022 saat menggelar konferensi pers di Cambridge City Square, Kota Medan, Selasa (28/6/2022) malam. / Nanda Fahriza Batubara
Panitia penyelenggara Bonas Cup 2022 saat menggelar konferensi pers di Cambridge City Square, Kota Medan, Selasa (28/6/2022) malam. / Nanda Fahriza Batubara

Bisnis.com, MEDAN - Menantu Presiden RI Joko Widodo yang kini menjabat Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menggelar kejuaraan sepak bola di Sumatra Utara. Sesuai namanya, ajang ini berjuluk Bonas Cup 2022.

Tak tanggung-tanggung, Bonas Cup 2022 menawarkan hadiah fantastis senilai total Rp3 miliar bagi klub sepak bola yang berhasil menjadi juara.

Eks Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dipilih sebagai ketua panitia penyelenggara. Dia didampingi oleh dua pengusaha muda, yakni Ade Jona Prasetyo selaku sekretaris dan Samuel Nababan selaku bendahara.

Kejuaraan ini didukung oleh tiga sponsor, yakni PT Mineral Arta Sejahtera, PT Sahabat Jaya Reswara dan PT Citra Three Teknik.

Pada konferensi pers di Kota Medan, Selasa (28/6/2022) malam, Bakhtiar menjelaskan latar belakang kejuaraan ini digelar.

"Sebagai putra daerah Sumatra Utara, Bobby Nasution ingin olahraga sepak bola dihidupkan kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi dua tahun," ujar Bakhtiar.

Bonas Cup 2022 bakal diselenggarakan di lima daerah di Sumatra Utara. Pendaftarannya mulai dibuka pada Minggu (3/7/2022) melalui laman website www.bonascup.com. Ajang ini ditargetkan tuntas paling lama tiga bulan atau sebelum Piala Dunia Qatar 2022 dimulai.

Kick off atau laga perdana Bonas Cup 2022 akan digelar di Stadion Binaraga Kabupaten Labuhan Batu pada Rabu (3/8/2022) mendatang. Sedangkan laga final rencana digelar di Stadion USU atau di Stadion Teladan Kota Medan.

Selain itu, pertandingan nantinya juga akan berlangsung di Stadion HM Nurdin Kota Padang Sidimpuan, Stadion Fajar Agung Kabupaten Serdang Bedagai dan Stadion Soposurung Kabupaten Toba.

Bakhtiar mengatakan, panitia tidak membatasi jumlah klub sepak bola yang mendaftar. Ajang ini terbuka seluas-luasnya dan berlaku untuk semua umur yang penting, peserta harus bermain sportif.

Walau terbuka untuk kalangan amatir, panitia juga akan turut mengundang sejumlah klub profesional yang kini berlaga di Liga 1 Indonesia. Seperti Persis Solo, Persib Bandung, Persija Jakarta dan Persiraja Banda Aceh.

"Tidak ada batasan umur, siapa saja boleh main karena misinya ini untuk menggeliatkan sepak bola di Sumatra Utara," katanya.

Bakhtiar mengatakan, penonton pertandingan tidak dipungut biaya alias gratis. Begitu pula dengan klub sepak bola yang mendaftar. Walau tidak dipatok biaya pendaftaran, setiap klub wajib menyediakan uang jaminan yang nantinya akan dikembalikan lagi oleh panitia.

"Uang jaminan itu seperti untuk menjaga sportifitas. Seperti untuk denda kartu merah dan kartu kuning dalam pertandingan," kata Bakhtiar.

Komisi pertandingan Bonas Cup 2022 Fadli Hariri menjelaskan, format kompetisi nantinya akan menyesuaikan dengan jumlah peserta.

Pertandingan dalam kejuaraan sepak bola ini akan dipimpin oleh wasit profesional yang mengantongi lisensi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumatra Utara.

"Kalau regulasi, tidak dibatasi. Umur, pemain profesional, amatir. Kembali ke tujuannya tadi, meningkatkan geliat sepak bola," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper