Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FINA Putuskan Atlet Renang Transgender Tak Diperbolehkan Ikut Pertandingan

Atlet renang transgender tak boleh ikuti kejuaraan kejuaraan renang perempuan.
Ilustrasi atlet olahraga renang/Istimewa
Ilustrasi atlet olahraga renang/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Federasi Renang Internasional (FINA) mengunggah pengumuman mengenai atlet transgender di olahraga renang.

Dari hasil pemungutan suara, FINA memutuskan bahwa atlet transgender tak boleh ikut bertanding di kejuraan renang perempuan.

Namun FINA akan membuat gugus tugas untuk membuka kategori baru bagi para atlet transgender agar dapat berpartisipasi dalam sejumlah kompetisi.

Debat mengenai keberadaan transgender di olahraga renang berlangsung sengit, setelah perenang Lia Thomas menjadi atlet trangender pertama yang memenangkan kejuaraan NCAA dalam sejarah divisi 1.

Thomas memenangkan renang gaya bebas 500 meter kategori perempuan pada awal tahun ini.

Thomas mengutarakan keinginannya untuk bertanding mendapatkan tempat di Olimpiade. Namun aturan baru FINA telah menghalangi keinginannya itu.

Keputusan FINA itu dibuat dalam kongres luar biasa FINA setelah para anggota kongres mendengar sebuah laporan dari gugus tugas transgender untuk mengkompromikan sejumlah aspek berdasarkan medis, hukum dan tokoh olahraga.

Kebijakan baru FINA bagi para atlet yang ingin berlaga tingkat dunia menyatakan transgender dari laki-laki ke perempuan boleh ikut bertanding jika mereka bisa membuat FINA yakin kalau mereka belum mengalami puberitas laki-laki di luar Tanner Stage 2 atau sebelum usia 12 tahun.

Kebijakan itu mendapat persetujuan 71 persen suara mayoritas dari 152 negara anggota.

"Kami melindungi hak-hak atlet kami, namun kami juga harus melindungi keadilan dalam bertanding di acara-acara kami, khususnya kompetisi-kompetisi FINA kategori perempuan," kata Presiden FINA Husain al-Musallam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper