Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AFC Buka Pintu, PSSI Masih Pertimbangkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Konfederasi sepak bola Asia atau AFC membuka pintu bagi negara yang ingin mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023.
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Konfederasi sepak bola Asia atau AFC membuka pintu bagi negara yang ingin mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Tuan rumah Piala Asia 2023 menjadi tanda tanya setelah pengunduran diri China yang sedianya didapuk menggelar turnamen tersebut.

Konfederasi sepak bola Asia (AFC) dalam rilis terbarunya mengundang negara-negara yang ingin mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023, Selasa (31/5/2022).

"Menyusul pengunduran diri China sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, Kongres AFC ke-32 pada 2022 memberikan mandat kepada Administrasi AFC untuk menentukan persyaratan dari proses pengajuan diri yang dipercepat untuk menemukan tuan rumah pengganti untuk turnamen tersebut," bunyi rilis dari AFC.

Setiap negara anggota AFC berhak untuk mengajukan pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, dengan tenggat waktu pendaftaran sebelum 30 Juni 2022.

PSSI selaku induk organisasi Indonesia melihat peluang untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Meski demikian, PSSI tak mau gegabah dalam mengajukan diri dan memilih untuk membahas hal tersebut pada rapat Komite Eksekutif (Exco).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan pihaknya akan membahas segala kemungkinan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Menurut Iriawan, ini adalah merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk bisa mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"Kami harus membicarakannya dalam rapat Exco PSSI. Setelah itu kami akan mengumumkannya (apakah mencalonkan diri atau tidak),” ujar Mochamad Iriawan usai Kongres PSSI di Bandung, Senin (30/5/2022).

Jika terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, timnas Indonesia akan otomatis lolos ke putaran final dan tak perlu memperebutkan tiket lewat fase kualifikasi.

Hal ini dinilai menjadi keuntungan besar lantaran di fase Kualifikasi Piala Asia 2023 timnas Indonesia akan berjumpa lawan relatif sulit yakni Kuwait, Nepal, dan Yordania di Grup A.

"Bagi kami ini tentu kesempatan yang bagus. Namun, kami perlu kami sampaikan dalam rapat Exco PSSI dalam waktu dekat," ucap mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Kabarnya, sudah ada sejumlah negara yang tertarik untuk menggantikan China menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Beberapa di antaranya ialah Korea Selatan, Jepang, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Selain itu, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi negara yang berminat untuk menjadi penyelenggara Piala Asia 2023, misalnya memiliki sedikitnya lima stadion dengan kapasitas minimal 20 ribu penonton. Selain itu, ada satu stadion khusus untuk acara pembukaan dan final.

Stadion itu minimal bisa menampung 40 ribu penonton. Berikutnya, masing-masing grup juga harus dilengkapi dengan minimal dua lapangan latihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper