Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Undian Piala Dunia 2022 Grup F: Belgia vs Kroasia Bakal Sengit

Belgia dan Kroasia sama-sama merupakan peraih medali dalam ajang Piala Dunia sebelumnya. Statistik pertemuan keduanya sejak era 2000-an pun terbilang imbang.
Gelandang Timnas Belgia Kevin de Bruyne/UEFA.com
Gelandang Timnas Belgia Kevin de Bruyne/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 menyajikan pertandingan antara Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia di Grup F, alias bakal mempertemukan dua peraih medali di ajang piala dunia periode sebelumnya.

Sebagai pengingat, Kroasia merupakan runner-up Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris di perempat final, namun kalah dari Perancis di partai final.

Sementara itu, Belgia yang kalah dari Perancis di empat besar, kemudian berhasil meraih medali tersisa setelah menang 2-0 dalam laga kontra Inggris.

Masih dalam Piala Dunia 2018, kedua tim sama-sama berstatus juara grup, bahkan melenggang ke fase 16 besar tanpa kekalahan. Kroasia menjadi sorotan karena membantai Argentina dengan skor 3-0, sementara Belgia dengan skuad generasi emasnya ketika itu lolos di atas Inggris.

Statistik pertemuan kedua tim sejak era 2000-an pun terbilang ketat, di mana dari 8 pertandingan, masing-masing meraih 3 kali menang, sisanya imbang. Pertandingan terakhir kedua tim di laga persahabatan pada kisaran Juni 2021 dimenangkan Belgia berkat gol semata wayang Romelu Lukaku.

Tim kotak-kotak masih akan dipimpin oleh sang kapten Luka Modric, ditemani pemain-pemain berpengalaman, baik dalam ajang liga di Benua Biru dan pertandingan internasional. Contohnya, Andrej Kramaric, Mateo Kovacic, dan Ivan Perišic.

Sementara itu, Belgia yang berjuluk De Rode Duivels alias Setan Merah juga masih memiliki para punggawa generasi emasnya, seperti Kevin De Bruyne, Thibaut Courtois, Michy Batshuayi, serta kakak-beradik Eden Hazard dan Thorgan Hazard.

Adapun, dua tim lain di grup ini sebenarnya juga memiliki pemain bintang yang berpotensi menjadi sorotan. Maroko punya bek Paris Saint-Germain (PSG), Achraf Hakimi, juga pemain andalan klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers, Romain Saiss.

Di sisi lain, Kanada punya pemain sisi kiri andalan Bayern Munich, Alphonso Davies, serta striker yang berperan besar membawa Lille menjuarai Liga Perancis musim lalu, Jonathan David.

Laga awal Grup F dalam Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Belgia dengan Kanada pada Rabu (23/11/2022), kemudian disusul Maroko vs Kroasia. Beberapa hari berselang, Belgia vs Maroko dan Kroasia vs Kanada akan berlangsung Minggu (27/11/2022). Terakhir, laga paling ditunggu, yaitu Kroasia vs Belgia, kemudian disusul Kanada vs Maroko akan berlangsung pada Kamis (1/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper