Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Portugal vs Turki, Preview, Susunan Pemain, Ronaldo Bikin Gol?

Portugal akan kedatangan Turki dalam playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (25/3/2022) dini hari, di Stadion Draggo, Porto.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  16:59 WIB
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. - UEFA.com
Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Portugal akan kedatangan Turki dalam playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (25/3/2022) dini hari, di Stadion Draggo, Porto, mulai 02.45 WIB dengan disiarkan langsung Mola TV.

Timnas Portugal menjalani laga playoff setelah hanya bisa finis di posisi kedua di Grup A. Di luar dugaan, Portugal yang bertaburan bintang hanya bisa ada di belakang Serbia dan unggul delapan dari peringkat tiga Irlandia.

Hasil tak maksimal yang diraih skuad Fernando Santos pada dua pertandingan terakhir membuat Seleco harus susah payah menghadapi babak play-off. Jalan mereka sangat berat. Karena bila lolos dari hadangan Turki, mereka berpeluang berjumpa dengan Italia pada partai final.

Portugal hanya main imbang tanpa gol lawan Republik Irlandia pada laga ketujuh, tiga hari sebelum diberi pil pahit berupa kekalahan 1-2 oleh Serbia. Pada laga pamungkas November tahun lalu, Portugal sebenarnya unggul lebih dulu melalui Renato Sanches dua menit setelah sepak mula.

Namun, impian Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk langsung lolos ke Qatar akhir tahun ini buyar menyusul gol injury time Aleksandar Mitrovic, setelah Dusan Tadic menyamakan kedudukan di babak pertama.

Dengan kemungkinan akan melawan Italia, andai Gli Azzurri menundukkan Makedonia Utara, maka Piala Dunia 2022 Qatar akan kehilangan salah satu kekuatan Eropa.
Cristiano Ronaldo, kapten Portugal, sadar perjalanan timnya tidak akan mudah, namun ia tetap optimistis.

“Kami tahu jalan ini tidak akan mudah, kami memiliki respek terhadap lawan yang akan kami hadapi dan bahwa mereka memiliki tujuan yang sama seperti kami,” kata dia. “Tapi bersama-sama, kami akan berjuang menempatkan Portugal di tempat yang benar."

Sementara itu, meski mengeruk poin maksimal di tiga laga terakhr fase grup, Turki tak mampu melangkahi Belanda di posisi teratas Grup G. Kini armada Stefan Kuntz mengincar penampilan ketiga di putaran final Piala Dunia. Sejak tersingkir di Euro 2020 tanpa satu pun poin, Turki hanya menderita satu kekalahan dalam tujuh pertandingan.

Satu-satunya hasil minor tersebut terjadi saat mereka luluh lantak 1-6 di tangan Belanda, dan setelahnya mereka meraih kemenangan konsekutif lawan Latvia, Gibraltar, dan Montenegro untuk menutup Grup G.

Sejak finis peringkat tiga pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, Turki tidak pernah lolos ke putaran final. Kini Hakan Calhanoglu dan kolega dihadapkan pada tugas berat untuk mengakhiri penantian 20 tahun.

Menghadapi Portugal, Turki mesti berbenah di lini belakang, karena mereka tim dengan kemasukan terbanyak kedua (16) setelah Gibraltar (43) di Grup G, meski selalu mencetak gol di setiap pertandingan kualifikasi.

Portugal mengantungi enam kemenangan dari delapan pertemuan dengan Turki, dengan pertemuan terkini antara kedua tim terjadi pada 2012 yang berakhir 3-1 untuk kemenangan pasukan Stefan Kuntz, di mana Umut Bulut mencetak sepasang gol.

Head to Head Portugal vs Turki:

02/06/2012 Portugal 1-3 Turki

07/06/2008 Portugal 2-0 Turki

24/06/2000 Turki 0-2 Portugal

14/06/1996 Portugal 1-0 Turki

16/04/1965 Turki 0-1 Portugal.

Kondisi Terkini Porugal dan Turki

Timnas Portugal: Lini belakang tuan rumah digerogoti, setelah Ruben Dias cedera, Joao Cancelo disuspensi, dan Pepe dinyatakan positif Covid-19. Ruben Neves juga undur diri karena cedera dan tempatnya digantikan Vitinha, sementara Jose Sa dipanggil untuk mengisi Anthony Lopes yang cedera.

Renato Sanches juga disuspensi, sehinga Fernando Santos kemungkinan akan memberi kesempatan debut kepada Tiago Djalo atay Goncalo Inacio di lini belakang bersama Jvse Fonte.

Timnas Turki: Tidak ada pemain yang menjalani sanksi di kubu Turki. Mereka bisa kembali mengandalkan Mert Muldur setelah absen lawan Montenegro. Zeki Celik akan mengisi pos bek kanan, ditemani Caglar Soyuncu dan Merih Demiral. Kerem Akturkoglu bersinar bersama Galatasaray musim ini dan berpotensi mengisi lini tengah.

Prediksi Susunan Pemain Portugal dan Turki:

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Soares Cedric, Jose Fonte, Goncalo Inacio, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho, Danilo Pereira, Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota.
Pelatih: Fernando Santos.

Turki (4-4-2): Ugurcan Cakir; Zeki Celik, Caglar Soyuncu, Merih Demiral, Caner Erkin; Cengiz Under, Hakan Calhanoglu, Taylan Antalyali, Kerem Akturoglu; Burak Yilmaz, Yusuf Yazici.
Pelatih: Stefan Kuntz.

Prediksi Hasil Portugal vs Turki:

Melihat materi pemain yang dimiliki, Timnas Portugal jauh lebih diunggulkan untuk mengalahkan Turki dalam laga playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas portugal piala dunia 2022 Timnas Turki

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top