Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dijual Abramovich, Chelsea Bakal Dibeli Pengusaha dari Amerika Serikat?

Boehly yang merupakan pengusaha asal Amerika Serikat akan menggandeng pengusaha asal Swiss, Hansjorg Wyss dalam membeli Chelsea.
Suporter Chelsea/London Evening Standard
Suporter Chelsea/London Evening Standard

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pemilik klub baseball Amerika Serikat, Los Angeles Dodgers, Todd Boehly merupakan pemilik sebagian LA Dodgers dikabarkan akan mengajukan penawaran resmi untuk membeli klub Liga Inggris Chelsea dalam beberapa hari mendatang.

Mengutip ESPN, Sabtu, 5 Maret 2022, Boehly yang merupakan pengusaha asal Amerika Serikat akan menggandeng pengusaha asal Swiss, Hansjorg Wyss. Setidaknya satu pengusaha lain juga akan mengajukan proposal resmi sebelum batas waktu 15 Maret 2022.

Roman Abramovich sudah mengumumkan niatnya untuk menjual Chelsea pada pekan ini. Keputusan itu diambil seiring meningkatnya ketegangan antara Rusia dan negara-negara Eropa atas invasi ke Ukraina.

Pemerintah Inggris dikabarkan ditekan untuk membekukan aset individu-individu kaya raya dari Rusia yang mempunyai portofolio di Inggris. Kendati Abramovich selalu menyangkal hubungannya dengan rezim Vladimir Putin, tapi beberapa kalangan menilai keduanya punya keterkaitan.

ESPN melaporkan Roman Abramovich mengajukan penawaran sekitar 3 miliar pound (sekitar Rp 57 triliun) untuk Chelsea. Salah satu pendiri Raine Group, Joe Ravitch, mengatakan tidak akan buru-buru menawarkan Chelsea.

“Kami tidak akan terburu-buru. Sangat penting bahwa Chelsea memiliki pemilik yang tepat untuk membimbing klub ke depan,” ujar Ravitch. Raine Group merupakan agen yang ditunjuk untuk mengurusi proses penjualan Chelsea.

Seorang juru bicara Boehly yang dihubungi ESPN tidak menanggapi ihwal penawaran untuk Chelsea. Namun ia menyatakan tawaran untuk The Blues tidak akan jauh seperti periode 2019. Saat itu, Boehly disebut telah menego Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Boehly dikabarkan memiliki kekayaan bersih sebesar 4,7 miliar pound (USD 6,2 miliar). Ia tertarik dengan harga sekitar 2,2 miliar pound untuk mendapatkan Chelsea pada 2019. Pihak konsorsium memilih bersikap skeptis, apakah nilai Chelsea menjadi jauh lebih besar saat ini.

Sementara, Wyss secara terbuka mengonfirmasi minatnya dengan mengatakan kepada outlet Swiss Blick. "Saya harus memeriksa kondisi umum terlebih dulu. Tetapi, apa yang sudah saya katakan, saya pasti tidak akan melakukannya sendiri," ujarnya.

"Kalau saya beli Chelsea, maka dengan konsorsium yang terdiri dari enam sampai tujuh investor," kata Wyss.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper