Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hasil, Prediksi Argentina vs Brasil, Susunan Pemain, Preview, Fakta

Final Copa America 2021 akan mempertemukan Argentina vs Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu pagi,
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juli 2021  |  19:58 WIB
Hasil, Prediksi Argentina vs Brasil, Susunan Pemain, Preview, Fakta
Dua andalan barisan penyerang Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kiri) dan Richarlison de Andrade. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Final Copa America 2021 akan mempertemukan Argentina vs Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/7/2021) pagi, mulai 07:00 WIB, disiarkan langsung oleh Indosiar.

Ini merupakan final ideal yang mempertemukan dua tim raksasa Amerika Selatan. laga ini akan mempertemukan dua mantan rekan seklub dari Barcelona, Lionel Messi dan Neymar.

Timnas Brasil adalah juara bertahan setelah menjadi juara pada 2019, saat Argentina hanya menempati posisi ketiga. Saat itu keduanya bertemu di semifinal dan Brasil menang 2-0.

Untuk urusan koleksi gelar Copa America, Argentina lebih unggul. Mereka mengemas 14 trofi, terpaut satu dari Uruguay sebagai pemegang gelar terbanyak. Brasil baru sekali juara.

Brasil lolos ke final setelah menyingkirkan Peru di babak semifinal dengan tipis 1-0. Sedangkan Argentina melaju setelah menang adu penalti melawan Kolombia.

Laga Brasil vs Argentina merupakan "el clasico" Amerika Latin, juga dunia. Sejak bertemu pada 1914, kedua tim telah berkembang menjadi Timnas yang memiliki kisah paling banyak di dunia sepak bola. Di antara kedua tim, terdapat tujuh gelar Piala Dunia (Argentina 2, Brasil 5).

Head-to-Head Argentina vs Brasil

Bila dihitung dengan menyertakan segala jenis pertandingan, kedua tim pernah bertemu 107 kali. Brasil menang 43 kali, Argentina menang 39 kali.

Kedua tim pernah bertemu empat kali di final, yakni tiga kali di partai puncak Copa America, dan satu di Piala Konfederasi pada 2005. Argentina memenangi final Copa Amerika 1973. Sedangkan Brasil memenangi final Copa America 2004 dan Copa Amerika 2007. Brasil juga menang di final Piala Konfederasi 2005.

Lionel Messi akan berusaha mengakhiri paceklik gelarnya bersama Timnas Argentina. Pemain Barcelona ini menyebut Brazil sebagai lawan yang tangguh.

"Brasil dengan Neymar akan sangat sulit. Kami tahu potensi mereka dan apa yang bisa dilakukan Neymar secara individu," kata dia.

Ia berharap bisa mengantarkan Argentina menjadi juara Copa America untuk pertama kalinya sejak 1993. "Apa yang paling saya inginkan adalah memenangkan gelar bersama timnas. Saya selalu berusaha mencurahkan segalanya untuk tim nasional. Saya selalu berjuang meraih piala," ujar Messi.

"Entah menang atau kalah, kami selalu melaju jauh di Copa America. Kini tim kami pantas mendapatkannya."

Bintang Brasil, Neymar, memiliki catatan mengesankan di Maracana. "Film soal semua kejayaan dan hari-hari menyenangkan terbayang di kepala saya," kata striker Paris St Germain itu. "Saya belum pernah kalah di sana, dan semoga itu tidak berubah."

Ia mewaspadai Messi, mantan rekan setimnya di Barcelona. "Messi adalah, seperti yang selalu saya katakan, pemain terbaik yang pernah saya lihat bermain dan ia adalah teman yang baik, tetapi sekarang kami berada di final, kami adalah rival," kata Neymar.

"Saya ingin menang dan saya sangat ingin memenangkan gelar ini, yang akan menjadi Copa America pertama saya."

“Messi berusaha untuk meraih gelar pertamanya bersama tim nasional selama bertahun-tahun, dan setiap kali kami (Brasil) tidak hadir di turnamen, saya bersorak untuknya. Saya dukung Argentina di final Piala Dunia 2014 saat menghadapi Jerman."

“Sekarang Brasil di final, jadi persahabatan kami dipertaruhkan. Rasa hormat di antara kami masih besar, tetapi hanya satu yang bisa menang," lanjut pemain PSG berusia 29 tahun itu.

"Ketika Anda berteman dengan seseorang, sulit untuk melupakan persahabatan yang Anda miliki - tetapi misalnya ketika Anda bermain video game dengan seorang teman, Anda tetap ingin mengalahkannya. Itu akan menjadi hal yang sama pada hari Sabtu."

Fakta Menarik Argentina vs Brasil:

Argentina belum terkalahkan dalam 19 laga menuju partai puncak di Stadion Maracana. Sedangkan Brasil selalu menangi pertandingan sejak Argentina mengalahkan mereka di laga persahabatan pada November 2019.

Argentina kalah 5 kali dan cuma menang 4 kali dalam 10 pertemuan terakhir dengan Brasil (menang 4, seri sekali, kalah 5 kali).

Argentina tak terkalahkan dalam 19 laga terakhirnya (menang 11, seri 8). Mereka juga selalu bisa mencetak gol dalam 17 laga terakhirnya.

Brasil tak terkalahkan dalam 13 laga terakhirnya, menang 12 kali. Brasil mencatatkan 10 clean sheet dan cuma kebobolan total 4 gol dalam 13 laga terakhirnya.

Pemain Absen

Argentina kemungkinan akan kehilangan bek Atalanta Cristian Romero karena cedera. Pelatih Brasil Tite tidak dapat memainkan bek kiri Juventus Alex Sandro yang cedera, sedangkan penyerang Manchester City Gabriel Jesus diskors.

Prediksi Susunan Pemain Argentina vs Brasil:

Argentina (4-3-3): E Martinez; Molina, Pezzella, Otamendi, Tagliafico; De Paul, Paredes, Lo Celso; Messi, L Martinez, Gomez.
Pelatih: Lionel Scaloni.

Brasil (4-2-3-1): Ederson; Danilo, Marquinhos, Silva, Sandro; Fred, Casemiro; Richarlison, Paqueta, Everton; Neymar.
Pelatih: Tite.

Prediksi Hasil Brasil vs Argentina

Brasil bisa sejak awal menjadi favorit di Copa America 2021 ini. Mereka membuktikan statusnya itu dengan rangkaian hasil yang membawa mereka ke final. Mereka sedikit ditunggulkan dalam laga nanti. Tapi, kemenangan mereka akan sangat bergantung pada performa Lionel Messi. Bila Messi mampu mengeluarkan performa terbaiknya bisa saja Argentina menang dan memungkasi dahaga gelarnya.

Hasil Argentina vs Brasil: 1-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas argentina copa america

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Banner E-paper
    back to top To top