Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semifinal Euro 2020: Fakta dan Statistik Laga Inggris vs Denmark

Gareth Southgate memiliki skuad yang sepenuhnya siap diturunkan melawan Denmark, sedangkan pelatih Kasper Hjulmand juga siap menurunkan siapa pun dalam skuadnya.
Striker dan kapten Timnas Inggris Harry Kane/UEFA.com
Striker dan kapten Timnas Inggris Harry Kane/UEFA.com

Skenario Pertandingan Inggris vs Denmark

Gareth Southgate memiliki skuad yang sepenuhnya siap diturunkan melawan Denmark, termasuk Bukayo Saka. Namun, Saka mungkin masuk lapangan dari bangku cadangan karena Jadon Sancho yang tampil menawan saat menghadapi Ukraina akan lebih dipilih sebagai starter.  Pemain baru Manchester United ini mengisi bagian kanan sayap serangan, sedangkan Raheem Sterling menempati sayap kiri lapangan.

Pengisi peran nomor 10 akan diserahkan kepada Mason Mount, sedangkan Harry Kane menjadi ujung serangan. Sancho dan Mount ditugaskan memberikan umpan-umpan terobosan, sedangkan Sterling akan mengisi ruang yang tercipta karena pergerakan Kane yang bebas beroperasi di sepertiga terakhir lapangan.

Untuk lini tengah, Jordan Henderson kemungkinan tetap pemain pengganti walaupun menciptakan gol keempat Inggris saat menggebuk Ukraina 4-0. Southgate akan tetap berpegang kepada formula yang sudah teruji. Ini artinya Declan Rice dan Kalvin Phillips tetap dipasang sebagai poros ganda sejak kickoff.

Southgate makin tak ingin mengubah lini belakangnya sehingga duo bek tengah John Stones dan Harry Maguire akan kembali diapit duo bek sayap eksplosif Kyle Walker dan Luke Shaw.

Stones
Stones

Pemain Inggris John Stones mencoba menyundul bola ke arah gawang Skotlandia - Twitter/@EURO2020

Kedua bek sayap sering menusuk sampai ke jantung pertahanan lawan, selain menjadi deputi andal Stones-Maguire saat memproteksi Jordan Pickford yang menjadi satu-satunya kiper Euro 2020 yang belum kebobolan.

Dari Denmark, pelatih Kasper Hjulmand juga siap menurunkan siapa pun dalam skuadnya, kecuali Christian Eriksen. Hjulmand juga cenderung mempertahankan susunan sebelas pemain pertamanya.

Kasper Schmeichel kembali menjaga gawang Denmark dalam formasi 3-4-3. Schmeichel akan diproteksi trio bek tengah Andreas Christensen, Simon Kjaer dan Jannik Vestergaard.

Kjaer lebih memainkan peran sweeper, sedangkan Christensen dan Vestergaard menjadi dua palang pintu kokoh saat tim memasuki fase defensifnya.

Denmark
Denmark

Pemain Denmark Andreas Christensen mencoba melepaskan tendangan ke arah gawang Rusia - Twitter/@EURO2020

Duo ini juga menjadi kurir untuk umpan-umpan jauh ke pertahanan lawan. Sedangkan distribusi bola konstan dari sisi lapangan ke sepertiga terakhir lapangan dipercayakan kepada duo bek sayap, Jens Stryger Larsen dan Joakim Maehle.

Larsen punya nilai tambah sebagai spesialis penuntas set-piece, sedangkan Maehle merdeka beroperasi sampai jauh ke jantung pertahanan lawan. Tapi keduanya bisa cepat membentuk formasi lima bek ketika Denmark diserang atau kehilangan bola.

Akan halnya Pierre-Emile Hojbjerg dan Thomas Delaney, akan tetap menjadi jangkar di lini tengah, termasuk untuk mematikan Jadon Sancho dan Mason Mount. Saat yang sama, Delaney akan cepat mengisi kelengahan Inggris dengan kemampuan berlarinya yang kencang. Ini akan ditopang oleh kemampuan Hojbjerg dalam meluncurkan umpan-umpan yang membelah pertahanan Inggris.

Triumvirat serangan menjadi tanggung jawab Martin Braithwaite, Kasper Dolberg dan Mikkel Damsgaard. Trisula ini membentuk kemitraan serang yang cair di mana Dolberg berada di tengah dan siap menerima kiriman bola dari kedua sayap Denmark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper