Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak Gol Perdana di Euro, Federico Chiesa Samai Prestasi Ayahnya

Enrico Chiesa mencetak gol ke gawang Ceko pada fase grup Euro 1996, sedangkan Federico Chiesa mencetak gol pada fase 16 besar Euro 2020. Ini catatan sejarah baru bagi Euro.
Ujung tombak Italia Federico Chiesa/UEFA.com
Ujung tombak Italia Federico Chiesa/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain muda tim nasional Italia Federico Chiesa akhirnya mampu mencetak gol perdananya dalam ajang Euro 2020 dan sekaligus putaran final turnamen internasional pertamanya.

Dengan gol tersebut, dia sudah menyamai catatan ayahnya yang juga merupakan mantan pemain timnas Italia pada Euro 1996, Enrico Chiesa. Ini juga pertama kalinya ayah dan anak mencetak gol dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Enrico Chiesa saat itu mampu mencetak gol perdananya ke gawang Republik Ceko pada fase grup Euro 1996 yang digelar di Inggris, tepatnya di stadion Anfield, Liverpool. Sayangnya, saat itu Italia kalah 1-2 dari Ceko yang melalui gol Pavek Nedved dan Bejbl.

Federico Chiesa, yang baru lahir setahun setelah ayahnya mencetak gol tersebut, kemudian mencetak gol pertama Italia pada fase 16 besar Euro 2020 melawan Austria yang digelar di Stadion Wembley, Inggris. Gol itu dicetaknya pada menit ke-95 atau pada babak tambahan pertama.

Italia
Italia

Pemain Italia merayakan gol yang dicetak Federico Chiesa - Twitter/@EURO2020

Padahal, Chiesa muda baru masuk pada menit ke-84 menggantikan Domenico Berardi. Pemain Juventus itu menyepak bola dengan kaki kiri dari dalam kotak penalti usai menerima umpan Spinazzola.

"Austria bermain bagus tetapi kami memiliki peluang dan kami mencetak beberapa gol bagus. Saya pikir kami pantas lolos. Kami adalah grup yang terdiri dari 26 pemain dan kami semua ingin membantu tim memenangkan pertandingan. Inilah yang membuat perbedaan malam ini," demikian komentar usai pertandingan seperti dilansir uefa.com.

Seperti diketahui, Austria akhirnya tersingkir di babak 16 besar Euro 2020 setelah kalah 1-2 dari Italia dalam laga yang ketat dari awal hingga akhir.

Usai gol Chiesa, Austria langsung mengurung pertahanan Italia berusaha mengejar ketertinggalan. Taktik ini ternyata menguntungkan Italia yang langsung bisa mencetak gol lagi lewat Matteo Pessina pada akhir babak pertama tambahan waktu.

Austria langsung menggebrak pada permulaan babak kedua ini. Tendangan keras Louis Schaub dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Donnarumma.

Austria akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol sundulan Sasa Kalajdzic di menit 114 memanfaatkan assist umpan pojok dari Schaub.

Hingga wasit meniup pluit akhir, skor 2-1 masih untuk kemenangan Italia sekaligus lolos ke babak perempat final menantang pemenang antara Belgia atau Portugal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper