Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Hasil Italia vs Austria, Jadwal, Susunan Pemain, Rekor, Skenario

Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Austria pada Minggu dini hari. Di atas kertas, skuad Gli Azzurri unggul segalanya dari Timnas Austria.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juni 2021  |  09:14 WIB
Timnas Austria - Antara
Timnas Austria - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Austria pada Minggu (27/6/2021) dini hari. Di atas kertas, skuad Azzurri unggul segalanya dari Timnas Austria.

Timnas Italia lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup A. Skuad asuhan Roberto Mancini menorehkan rekor sangat apik dengan meraih tiga kemenangan dan mencetak tujuh gol serta tak kebobolan satu gol pun.

Italia menjadi tim dengan selisih gol paling besar sejauh ini. Mereka juga menjadi satu dari dua tim yang belum kebobolan bersama Timnas Inggris. Lorenzo Insigne cs melumat Turki dan Swiss dengan skor sama 3-0 dan menang 1-0 dari Wales pada laga terakhir yang tak lagi menentukan.

Tiga kemenangan itu juga membuat Italia mencatatkan rekor 30 laga tak terkalahkan di semua kompetisi. Mancini pun disejajarkan dengan pelatih legendaris Timnas Italia di era 30-an, Vittorio Pozzo, yang juga mencatatkan rekor serupa.

Sementara Austria lolos ke babak 16 besar sebagai posisi kedua Grup C. Mereka menang 3-1 dari Macedonia Utara pada laga pertama, tetapi sempat kalah 0-2 dari Belanda sebelum akhirnya bangkit dengan menekuk Ukraina 1-0 pada laga terakhir.

Hal itu membuat Timnas Austria pun mencatatkan sejarah. Mereka pertama kali lolos ke babak gugur Piala Eropa. Mereka bahkan pertama kali ikut serta di ajang ini pada 2008 dan tahun ini merupakan kali ketiga mereka bermain di Euro.

Performa Austria juga bisa dianggap tak cukup meyakinkan. Pasalnya, mereka tak pernah menang melawan tim-tim kuat Eropa dalam tiga tahun terakhir. Selain dibungkam oleh Belanda, Austria juga sempat kalah 0-1 dari Inggris pada laga uji coba sebelum Euro 2020. Terakhir kali mereka menang melawan tim kuat adalah pada laga uji coba 2018 kontra Jerman.

Dari sisi capaian, Italia juga jelas lebih unggul. Negeri Pizza tercatat pernah empat kali meraih gelar juara Piala Dunia dan satu kali meraih gelar jaura Piala Eropa. Sementara Austria tercatat hanya pernah sekali meraih posisi ketiga Piala Dunia, yaitu pada 1954.

Rekor Pertemuan Italia vs Austria

Pertemuan kedua tim juga menunjukkan superioritas Italia atas Austria. Kedua tim tercatat pernah 37 kali bertemu dengan 17 kemenangan dikantongi Timnas Italia sementara Austria memiliki 12 kemenangan, delapan laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi kemenangan terakhir Austria atas Italia terjadi lebih dari lima dekade lalu. Setelah itu, Italia mencatatkan sepuluh kemenangan dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Prediksi jalannya laga Italia vs Austria

Dari sisi pemain, Italia juga jelas lebih unggul. Deretan bintang Liga Italia seperti Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Leonardo Spinazzola (AS Roma), Nicollo Barella (Inter Milan), Manuel Locatelli (Sassuolo) hingga kuartet Juventus - Giorginio Chiellini, Leonardo Bonucci, Federico Chiesa dan Federico Bernardeschi - masuk ke dalam skuad asuhan Mancini.

Yang menarik, dari 26 pemain yang dibawa Mancini, 25 orang diantaranya telah merasakan bermain pada babak penyisihan Grup A. Hanya penjaga gawang ketiga, Alex Meret yang belum mendapatkan menit bermain.

Strategi rotasi pemain yang dilakukan Mancini cukup menarik. Sebab, dengan strategi itu dia menjaga para pemainnya agar tak mengalami cedera serius.

Chiellini dan Alessandro Florenzi disebut sempat menjalani latihan terpisah dari rekan-rekannya. Akan tetapi kedua pemain itu diprediksi akan bisa bermain untuk laga kontra Austria.

Jika pun Chiellini tak bermain, Mancini masih memiliki Alessandro Bastoni yang tampil apik mendampingi Bonucci pada laga kontra Wales. Dia juga masih memiliki bek berpengalaman Francesco Acerbi. Sementara untuk posisi Florenzi, Mancini bisa menurunkan Giovanni Di Lorenzo yang lebih bertenaga.

Sementara Timnas Austria masih mengandalkan muka-muka lama. Skuad asuhan Franco Foda diisi oleh para pemain yang sebagian merumput di Liga Jerman seperti David Alaba (Bayern Munchen), Aleksandar Dragovic (Bayer Leverkusen), Martin Hinteregger (Eintracht Frankfrut), Stefan Lainer (Borussia Moenchengladbach) hingga Marcel Sabitzer (RB Leipzig) dan Christoph Baumgartner (Hoffenheim).

Sayangnya Foda tak bisa menurunkan pemain terbaiknya. Christoph Baumgartner, Julian Baumgartlinger, Martin Hinteregger dan Valentino Lazaro disebut tak akan ikut dalam rombongan ke London karena mengalami cedera.

Menghadapi Italia, Austria diprediksi akan kembali ke formasi tiga bek belakang. David Alaba yang pada laga kontra Ukraina diberikan keleluasaan untuk membantu lini serang sebagai bek sayap kiri, kemungkinan akan kembali berperan sebagai bek tengah. Alaba kemungkinan akan ditemani oleh Philipp Lienhart dan Dragovic karena cederanya Hinteregger.

Di lini tengah, gelandang Steffan Ilsanker bisa menjadi alternatif pengganti Baumgartlinger sementara posisi Baumgartner bisa diisi oleh Michael Gregoritsch untuk mendampingi Marko Arnautovic.

Prediksi susunan pemain Italia vs Austria di babak 16 besar Euro 2020:

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Acerbi, Bonucci, Spinazzola; Barella, Jorginho, Verratti; Berardi, Immobile, Insigne

Austria (3-5-2): Bachmann; Lienhart, Dragovic, Alaba; Laimer, Grillitsch, X. Schlager Lainer, Sabitzer; Gregoritsch, Arnautovic

Prediksi Hasil Italia vs Austria

Melihat catatan di atas, jelas Italia akan sangat diunggulkan melaju ke babak delapan besar. Tak ada satu pun aspek yang bisa membuat Timnas Austria layak dijagokan.

Bagi Austria, Timnas Italia mungkin merupakan tim yang lebih kuat dari Belanda yang pernah mereka hadapi di babak penyisihan grup. Pasalnya skuad asuhan Roberto Mancini merupakan tim yang lebih komplet, kuat dalam bertahan dan tajam dalam menyerang.

Apalagi Italia juga terbukti tak mengandalkan satu atau dua pemain saja untuk mencetak gol. Tujuh gol yang mereka sarangkan di babak penyisihan diciptakan oleh empat pemain berbeda. Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Matteo Pessina hingga gelandang bertahan Manuel Locatelli telah mencatatkan namanya di papan skor Euro 2020.

Belum lagi terdapat lima pemain yang piawai memberikan assist. Hal itu tentu akan membuat Austria kesulitan untuk menjaga setiap pemain Azzuri.

Di lini belakang, permainan serangan balik yang ditunjukkan Timnas Austria sudah terbukti bisa dipatahkan oleh Italia. Turki, Swiss, dan Wales dibuat frustasi oleh tembok pertahanan yang digalang oleh Bonucci cs.

Karena itu, Timnas Italia tampaknya akan kembali meraih kemenangan dan semakin memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka. Catatan impresif tentu saja akan sangat membantu mengangkat moral mereka karena pada babak perempat final mereka berpotensi bertemu dengan lawan yang sangat berat, pemenang laga Belgia vs Portugal.

Jadwal siaran langsung Italia vs Austria

Laga babak 16 besar Euro 2020 antara Italia vs Austria akan berlangsung pada Minggu (27/6) dini hari pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, iNews dan MolaTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas italia Timnas Austria Euro 2020

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top