Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Lolos ke 16 Besar Euro 2020, Terima Kasih untuk Spanyol

Tanpa bermain, Ukraina akhirnya lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik di antara enam grup setelah di Grup E Spanyol menundukkan Slovakia dengan skor telak lima goll tanpa balas. Ukraina lolos sebagai peringkat ketiga Grup C. Ini untuk pertama kalinya lolos ke fase knock out Piala Eropa.
Pelatih Ukraina Andriy Shevchenko/UEFA.com
Pelatih Ukraina Andriy Shevchenko/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ukraina lolos ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) dari Grup C secara dramatis meski tanpa bermain setelah Slovakia menelan kekalahan dari Spanyol di pertandingan terakhir Grup E.

Dalam pertandingan yang berakhir pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB, Spanyol yang memenag memerlukan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar membantai Slovakia dengan dengan skor telak lima gol tanpa balas di Stadion La Cartuja, di Sevilla, Spanyol.

Kekalahan Slovakia itu membuat mereka finis sebagai peringkat ketiga Grup E dengan nilai 3, sama dengan Ukraina yang merupakan peringkat ketiga Grup C. Namun, Ukraina unggul selisih gol. Ukraina memiliki selisih gol 4–5, sedangkan Slovakia 2–7.

Bagi Spanyol, kemenangan 1-0 atas Slovakia, tidak perlu selisih lima gol, telah meloloskan Spanyol ke 16 besar. Sebaliknya, kekalahan 0–1 pun telah membuat Slovakia tersingkir karena kalah dengan selisih gol Ukraina.

Jika Slovakia kalah 0–1 dari Spanyol, selisih gol mereka 2–3, kalah dalam hal produktivitas mencetak gol dari Ukraina yang selisih golnya 4–5.

Ini merupakan pertama kalinya Ukraina berhasil lolos ke fase knock out Piala Eropa. Ketika menjadi tuan rumah bersama Polandia pada Euro 2012 pun, mereka kandas di fase grup, hal yang sama dengan yang dialami tuan rumah lainnya, Polandia.

Selain Ukraina, tim peringkat ketiga lainnya yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar adalah Republik Cheska (D) dan Swiss (A).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper