Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Prancis, Spanyol dan Tim Unggulan Lain Harus Belajar dari Italia

Italia di bawah asuhan pelatih Roberto Mancini akhirnya meyamai rekor pelatih Italia Vittorio Pozzo pada 1939 yang tak terkalahkan dalam 30 pertandingan. Apa kunci suksesnya?
Para pemain tim nasional Italia merayakan kemenangan atas Wales pada matchday ketiga Grup A Euro 2020/Twitter-@EURO2020
Para pemain tim nasional Italia merayakan kemenangan atas Wales pada matchday ketiga Grup A Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Italia akhirnya memastikan diri sebagai juara Grup A Euro 2020 pada Minggu (20/6/2021) malam WIB setelah mampu mengalahkan Wales 1-0 dalam matchday ketiga.

Dalam fase grup turnamen ini, Italia juga berhasil menyapu bersih poin. Pasalnya dalam dua laga Grup A sebelumnya, Italia menang 3-0 atas Turki dan juga 3-0 atas Swiss.

Tidak hanya itu, dengan kemenangan 1-0 atas Wales, Italia telah sebelas kali memenangi pertandingan berturut-turut tanpa kebobolan alias clean sheet.

Lebih jauh lagi, Italia di bawah asuhan pelatih Roberto Mancini akhirnya meyamai rekor pelatih Italia Vittorio Pozzo pada 1939 yang tak terkalahkan dalam 30 pertandingan (antara 1935 dan 1939). Gli Azzuri pada era Mancini tak pernah terkalahkan sejak September 2018 atau sejak kalah dari Portugal dengan skor 0-1.

Padahal, Italia tidak menjadi tim favorit juara Euro 2020. Di sisi lain, sejumlah tim-tim favorit justru kesulitan menang dari negara yang kurang diperhitungkan dalam turnamen ini.

Dilansir Marca, Senin (21/6/2021), para pengamat sepak bola mencatat bahwa hanya beberapa di antara 30 tim yang berhasil dihadapi Italia tanpa kekalahan terhitung sebagai lawan kuat atau menempati peringkat elit.

Dalam mencapai rekor 30 pertandingan tanpa kalah itu, Italia dinilai mulai membangun kepercayaan di dalam tim dengan mengalahkan saingan yang lebih lemah. Alhasil, Italia menuju Euro 2020 dengan catatan 27 pertandingan tak terkalahkan.

"Namun, tidak ada yang menunjukkan bahwa salah satu rahasia di balik hasil sukses Italia adalah bahwa mereka membangun kepercayaan diri mereka dan menyatukan tim yang kompak dengan mengalahkan lawan yang tidak dianggap kuat oleh banyak orang, tetapi tentu saja rumit, seperti tampak dari beberapa hasil laga tim favorit Euro 2020 di babak penyisihan grup," tulis Marca.

Di antara laga yang masuk catatan rekor itu, Italia mampu mengalahkan Yunani dua kali tanpa kebobolan satu gol pun. Padahal, komposisi tim Yunani itu tidak jauh berbeda dengan tim yang memaksa Spanyol bermain imbang 1-1 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret lalu.

Dalam fase grup Euro 2020, Spanyol sejauh ini belum mencatatkan kemenangan. Tim Matador bahkan berjuang keras untuk mengalahkan Polandia, tim yang dikalahkan 2-0 oleh Italia di UEFA Nation League pada November 2020. Spanyol juga tak mampu mencetak gol dalam laga perdananya Euro 2020 kontra Swedia.

Italia
Italia

Kapten timnas Italia Leonardo Bonucci (dari kiri) dan kapten timnas Wales Gareth Bale - Twitter/@EURO2020

Sementara itu, Prancis gagal mengalahkan Hungaria pada matchday kedua Euro 2020, setelah pada pertandingan awal menang 1-0 melawan Jerman.

Belanda juga berjuang untuk mengalahkan Ukraina di partai perdana Euro 2020 mereka, sedangkan Portugal tidak bisa mencetak gol selama 84 menit melawan Hongaria.

Tim favorit lainnya, Inggris ditahan imbang tanpa gol oleh Skotlandia, sedangkan Belgia, yang menduduki peringkat pertama ranking FIFA, membutuhkan bantuan Kevin De Bruyne yang baru turun pada babak kedua untuk meraih kemenangan atas Denmark.

"Semua tim favorit ini diberi pelajaran penting oleh Italia. Azzurri telah menemukan konsistensi dan kepercayaan diri melalui kemenangan melawan tim kecil, sesuatu yang sering sulit dilakukan oleh tim lain," tulis Marca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper