Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laga Euro 2020 Hungaria vs Portugal Dihadiri 61.000 Penonton. Kok Bisa?

Pertandingan Grup F Euro 2020 itu digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, dan dihadiri 61.000 pendukung dari kedua tim.
Foto tim Portugal jelang laga versus Hungaria dengan latar belakang Stadion Puskas Arena yang dipenuhi 61.000 penontont/Twitter-@EURO2020
Foto tim Portugal jelang laga versus Hungaria dengan latar belakang Stadion Puskas Arena yang dipenuhi 61.000 penontont/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan antara Portugal dan Hungaria yang dihelat di Stadion Puskas Arena, Selasa (15/6/2021) malam WIB dan disiarkan secara langsung menjadi perhatian dan pembicaraan penggemar sepak bola.

Bukan hanya lantaran pertandingan itu dipenuhi oleh catatan rekor terbaru Christiano Ronaldo, tetapi juga karena pertandingan itu disaksikan langsung 61.000 orang.

Dalam tayangan pertandingan, stadion yang namanya diambil dari nama legenda sepak bola dunia, Ferenc Puskas, itu tampak dipenuhi oleh suporter kedua negara. Penampakan yang tentunya jarang disaksikan oleh pecinta sepak bola selama Covid-19 mewabah.

Dilansir dailystar.co.uk, laga perdana Grup F Euro 2020 yang berakhir dengan kemenangan Portugal dengan skor 3-0 itu memang digelar sesuai dengan standar dan protokol kesehatan yang berlaku di Hungaria, termasuk soal izin jumlah penonton.

Seperti diketahui, Euro 2020 yang baru terealisasi pada pertengahan 2021 ini lantaran pandemi Covid-19, akan menggunakan sebelas stadion yang ada di sebelas kota dan di sebelas negara berbeda. Dengan demikian, jumlah penonton akan mengikuti regulasi keamanan dan kesehatan di masing-masing kota tempat penyelenggaraan pertandingan tersebut.

"Covid-19 tampaknya benar-benar terlupakan di Budapest ketika 61.000 penggemar sepak bola memadati The Puskas Arena untuk menonton Hungaria vs Portugal," demikian tulis dailystar.co.uk.

Di Hungaria, jumlah penonton yang memenuhi stadion itu dimungkinkan lantaran vaksinasi Covid-19 berlangsung dengan cepat. Asosiasi sepak bola negara itu mendorong progres vaksinasi itu.

Alhasil, sekitar 5,3 juta orang dari populasi Hungaria yang mencapai 9,8 juta telah divaksin Covid-19 pada awal Euro 2020. Dengan demikian, Hungaria bisa menyambut kehadiran turnamen sepak bola terbesarnya dalam 40 tahun terkahir itu.

Stadion nasional Hungaria itu akan menjadi tuan rumah empat pertandingan Euro 2020, termasuk partai Hungaria vs Prancis.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban kemudian mempercepat akhir masa penguncian nasional atau lockdown. Langkah itu memungkinkan para penggemar sepak bola menikmati Euro bersama di Budapest, Ibu Kota Hungaria.

Stadion Puskas Hungaria
Stadion Puskas Hungaria

Potret Stadion Puskas Arena sebelum laga Grup F antara Portugal dan Hungaria dihelat - Twitter/@EURO2020

Keputusan itu diambil Orban, meski terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada awal 2021 yang mendorong peningkatan angka kematian akibat Covid-19 di negara itu dan mendekati 30.000 kasus. Itu merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian per kapita tertinggi di dunia.

Namun, siapa saja yang memiliki bukti vaksinasi Covid-19 dapat menghadiri pertandingan. Para penonton harus mengenakan gelang, yang dapat mereka dapatkan dengan menunjukkan kartu vaksinasi nasional mereka sebelum pertandingan.

Sementara itu, anak di bawah 18 tahun dibebaskan jika ditemani oleh orang dewasa dengan kartu vaksinasi.

Selain itu, penonton internasional atau dari luar Hungaria, termasuk para pendukung Portugal yang hadir dalam laga Selasa malam, harus memberikan bukti hasil tes PCR negatif dalam waktu 72 jam sebelum kick-off atau bukti vaksinasi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper