Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euro 2020 Matchday I: Tujuh Pemain Ini Catatkan Rekor Individual

Christiano Ronaldo mencetak dua gol dan sekaligus membukukan empat rekor baru sekaligus dalam laga Grup F Euro 2020 antara Portugal vs Hungaria, Selasa (15/6/2021).
Striker dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo./UEFA.com
Striker dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo./UEFA.com

Christiano Ronaldo

Christiano Ronaldo laga Grup F Euro 2020 antara Portugal vs Hungaria, Selasa (15/6/2021) malam, Ronaldo bersama 16 pemain lainnya telah  tampil di empat turnamen Euro. Selain Ronaldo, daftar itu diisi pemain legendaris seperti Lothar Matthäus dan Peter Schmeichel.

Setelah tampil dalam laga itu, Ronaldo menjadi orang pertama yang mengikuti lima edisi Euro. Apalagi, Ronaldo menyumbang dua gol ketika Portugal menang 3-0 atas Hungaria.

Kapten timnas Portugal itu menambah keunggulan timnya pada menit ke-87 melalui eksekusi penalti. Portugal sebelumnya mencetak gol pertama pada menit ke-84 melalui bek kiri Raphaël Guerrero.

Pemain Juventus itu kemudian mencetak gol kedua atau brace pada masa waktu tambahan babak kedua. Penyerang andalan Juventus tersebut menemukan ruang di area penalti Hungaria, sebelum berbelok di sekitar Gulácsi, kiper hungaria, dan melepaskan tembakan untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Dengan demikian, Cristiano Ronaldo telah mencatatkan gol kesepuluh dan kesebelasnya di putaran final Euro. Sebelum pertandingan itu, dia dan pemain legendaris Prancis Michel Platini sama-sama mengoleksi gol sembilan.

Sebagai catatan, Ronaldo menandai debutnya di Euro melawan Yunani pada 12 Juni 2004 dengan sebuah gol. Itu menjadi gol pertamanya untuk Portugal.

Selain itu, Ronaldo menjadi pemegang rekor baru sebab mampu mencetak gol di lima putaran final Euro. Pada Euro 2004, dia mencetak dua gol, termasuk dalam debutnya. Pada edisi Euro 2008, mantan pemain Manchester United itu pun mencetak satu gol.

Ronaldo
Ronaldo

Kapten timnas Portugal Christiano Ronaldo memberikan semangat kepada tim setelah mencetak gol melawan Hungaria dalam laga lanjutan Final Euro 2020. - Uefa.com.

Pada Euro 2012, dia mencetak tiga gol, sebelum pada 2016 dia mengemas tiga gol yang juga mengantarkan Portugal menjuarai Euro 2016.

Pada saat yang sama, Ronaldo kini telah mencetak 106 gol bersama timnas Portugal. Dia hanya butuh 3 gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional terbanyak sepanjang masa yang dipegang oleh pemain Iran Ali Daei, yang mencetak 109 gol fenomenal dalam 148 pertandingan untuk Iran.

Baca Juga : Sah! Ronaldo Jadi Pencetak Gol Terbanyak Euro, Bisa Salip Ali Daei?

Sebelumnya, Ronaldo sudah memegang sejumlah rekor Euro termasuk pemain dengan penampilan terbanyak di putaran final Euro yakni sebanyak 22 kali. Saingan terdekatnya adalah mantan gelandang Jerman Bastian Schweinsteiger, yang membuat 18 penampilan.

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United ini juga menjadi pencetak gol terbanyak di Euro bila dihitung dengan babak kualifikasi. Ronaldo jauh mengungguli pesaingnya yakni 42 gol, sedangkan pesaing terdekatnya yakni Zlatan Ibrahimovic hanya mencetak 25 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper