Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Piala Eropa (Euro 2020) Dimulai, Italia Hajar Turki 3–0 di Grup A

Piala Eropa (Euro) 2020 dimulai dengan laga pembuka Italia menjamu Turki di Stadion Olimpico Roma pada Sabtu (12/6/2021) mulai pk. 02.00 WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Juni 2021  |  03:56 WIB
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Turki di laga pembuka Euro 2020 pasa 12 Juni 2021 dini hari WIB. - UEFA.com
Para pemain Italia merayakan kemenangan atas Turki di laga pembuka Euro 2020 pasa 12 Juni 2021 dini hari WIB. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Italia menghantam Turki dengan skor telak tiga gol tanpa balas di Stadion Olimpico Roma, Italia, pada Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Ini menjadi bagian dari rangkaian pertandingan Grup A yang juga diisi Wales dan Swiss. Italia bukan hanya favorit lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, lebih dari itu favorit juara Euro 2020 turnamen yang tertunda setahun akibat pandemi.

Pesta gol Italia ke gawang Turki dibuka oleh bunuh diri pemain tamu Merih Demiral, dan dua gol lainnya dari Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne.

Berikut laporan pertandingannya!

Mn 3: Immobile melakukan tendangan pertama ke sisi jaring dari sudut sempit. Kiper Cakir menutupinya.

Mn 4: Italia menekan Turki dengan keras. Soyuncu dipaksa keluar dari permainan dengan gaya yang “tak sopan”.

Mn 6: Insigne melihat Berardi bergerak di sisi kanan dalam, tetapi tidak dapat dengan tepat memasok umpan panjang. Demiral menanganinya dengan cukup mudah. Awal cerah bagi Italia.

Mn 7: Immobile mengejar operan Berardi di channel kanan dalam. Cakir keluar dengan cepat untuk mengklaim. Immobile yang kesal mendorong Soyuncu yang menutupi pergerakannya dan menyebabkan dia jatuh, lalu menggerakkan tangan dengan gaya marah.

Mn 9: Locatelli melakukan operan diagonal ke arah Berardi di sebelah kanan. Ambisius tapi tidak sepenuhnya akurat.

Mn 10: Telah 10 menit berlalu dan hanya ada peluang Immobile tercatat sejauh ini. Penguasaan bola didominasi Italia hingga 68 persen, tetapi tidak banyak peluang terjadi.

Mn 14: Italia terus menekan. Jorginho mendorong bolake  Barella. Dia menembak, tetapi ditutup dengan cepat oleh Soyuncu. Bola melambung ke udara dan kembali jatuh ke pelukan kiper Cakir.

Mn 16: Spinazzola melancarkan beberapa serangan mendadak ke kiri, lalu memberi umpan kepada Berardi, yang tidak bisa memasukkan umpan silangnya ke dalam kotak.

Mn 17: Umpan silang Spinazzola dari kiri. Insigne kerja bsama satu-dua dengan Berardi di sisi kiri dan memasuki area penalti. Hampir menjadi gol, peluang layak layak menjadi gol, tetapi tetap belum ada gol.

Mn 20: Bek Italia Bonucci melangkah maju dan mencoba peruntungannya dengan tendangan dari jarak 25 yard, tetapi gagal menjadi gol.

Mn 22: Bek Chiellini mengarahkan sundulan bagus ke kanan atas gawang Turki, tetapi ujung jari kiper Cakir di atas mistar mementahkannya secara spektakuler.

Mn 23: Italia mendapatkan dua tendangan sudut. Bonucci memenangkan sebuah sundulan, dan Chiellini, yang berkeliaran di tepi kotak 6 yard, mencoba untuk mem-backflick bola yang jatuh ke kiri bawah, tetapi offside.

Mn 27: Turki menyerang. Karaman memiliki kesempatan untuk mengirim bola ke Yilmaz yang berlari ke kanan, tetapi gagal. Yilmaz dalam posisi offside.

Mn 31: Turki kembali membangun serangan, tetapi lagi-lagi Yilmaz offside, kedua kali dalam 4 menit!

Mn 32: Chiellini terjatuh di kotak penalti Turki karena terdorong kiper Cakir dan mengisyaratkan keinginan mendapatkan tendangan penalti, tetapi diabaikan wasit asal Belanda Danny Makkelie.

Mn 37: Penyelamatan lagi oleh Cakir. Insigne menemukan ruang yang langka di luar kotak penalti Turki. Dia melepas tendangan tapi lemah, ditangkap Cakir.

Mn 39: Berardi mengakhiri pergerakan umpan panjang Italia dengan tendangan jarak jauh yang mencerminkan sikap frustasi dan bola melayang di atas mistar dari jarak jauh.

Mn 41: Italia makin frustrasi. Locatelli dengan aneh menggiring bola ke depan tanpa mengarah  ke rekannya yang jelas. Bola ditendang dan hasilnya ibarat latihan bagi kiper Cakir.

Mn 44: Turki tiba-tiba terlihat berbahaya ketika Yilmaz mengejar operan panjang ke kiri dalam, tetapi kemudian jatuh dengan sangat mudah setelah digagalkan oleh Chiellini. Dia sangat beruntung tidak menerima peringatan dari wasit. Respons yang baik dari Chiellini yang menyelamatkan Italia.

Babak pertama berakhir

Babak kedua dimulai

Mn 47: Italia menekan, mendapatkan sepak pojok, tetapi sia-sia tak maksimal menjadi gol.

Mn 51: Under memenangkan bola dari Jorginho yang ragu-ragu dan memecah lapangan dengan kecepatan tinggi. Dia mencapai tepi kotak penalti Italia, tapi umpannya berujung di kiper Italia Donnarumma.

Mn 53: GOL! Akhirnya gol untuk Italia datang juga. Bunuh diri pemain Turki Demiral. Sedikit ruang untuk Berardi di sisi kanan. Dia memasuki kotak. Meras tergelincir,. Berardi melepaskan tembakan rendah dan keras ke tengah. Bola menghantam dada Demiral dengan cepat, dan terbang ke kanan bawah. Tidak ada yang bisa dilakukan Demiral melihat nasibnya menjebol gawang sendiri!

Mn 57: Sepak pojok untuk Italia, tetapi penuntasan oleh Locatelli tak berujung gol tambahan.

Mn 61: Immobile menyodorkan bola ke Berardi, tapi offside.

Mn 66: GOL!! Italia mencetak gol kedua, kali ini benar-benar dikontribusi pemainnya sendiri, bukan bumuh diri, ini dicetak Immobile dari sudut sempit!! Skor 2–0 yang layak untuk Gli Azzurri. Immobile menyambar bola rebound hasil tembakan Spinazzola yang sempat ditangkis Cakir.

Mn 69: Turki coba menekan dengan cepat. Meras memenangkan tendangan sudut di sisi kiri, tetapi ketikapeluang mulai terbuka, peluit wasit berbunyi akibat dia melakukan beberapa dorongan yang tidak bermanfaat.

Mn 75: Kahveci memasok umpan bagus ke sisi dalam kanan. Dia mencari Yilmaz, yang berlari ke arah tiang kanan dan mencoba menjentikkan sundulan ke kiri, tapi gagal menemui bidang gawang.

Mn 77: Spinazzola tampil luar biasa, selalu di sisi kiri. Dia kembali memenangkan sepak pojok dari Under.

Mn 78: Cristante berlari bebas di sisi kiri. Umpan silang rendahnya gagal dipotong Demiral dan diterima Berardi, tetapi offside.

Mn 79: GOL!!! Italia mendapatkan gol ketiganya yang dicetak Insigne. Skor 3–0. Insigne memastikan tidak ada drama terlambat saat ia mencetak gol dengan upaya kerasnya setelah menerima umpan dari Immobile.

Mn 88: Pemain Turki mulai frustrasi. Soyuncu menerjang kasar ke Bernardeschi. Kartu kuning.

Mn 90: Waktu tambahan 3 menit.

Mn 90 + 3: Pertandingan selesai. Tiga gol tanpa balas di Olimpimpico Roma. Awal bagus untuk Italia, salah satu favorit juara Euro 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas italia Timnas Turki Euro 2020
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top