Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liga Super Eropa, Bayern Munchen & Paris Saint-Germain Bergabung?

Pembahasan mengenai rencana kompetisi Liga Super Eropa (ESL) mengemuka kembali. ESL sebenarnya rencana yang digaungkan sejak hampir 12 tahun lalu. Sudah 12 klub menyatakan bergabung ke ESL. Namun, Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain tidak termasuk di antara 12 klub itu.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 April 2021  |  13:30 WIB
Bayern Munchen ketika tampil sebagai juara Liga Champions 2019-2020. - Bundesliga.com
Bayern Munchen ketika tampil sebagai juara Liga Champions 2019-2020. - Bundesliga.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah klub papan atas di Eropa bergabung untuk menggulirkan liga eksklusif Liga Super Eropa (European Super League/ESL). Kabar terakhir, enam klub papan atas Inggris bergabung ke ESL.

Enam klub Liga Primer Inggris tersebut akan bergabung dengan AC Milan, Atletico Madrid, Barcelona, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid yang telah lebih dahulu bergabung ke ESL.

Simon Stone, wartawan olahraga BBC, dalam analisisnya mengatakan: “Kalau masih ada keraguan atas keinginan 12 klub ini untuk meluncurkan kompetisi mereka sendiri, itu telah dihapus oleh pernyataan mereka, diperkuat oleh masing-masing dari mereka melalui platform media mereka sendiri.”

Namun, menurut dia, banyak pertanyaan yang belum terjawab terutama dapatkah mereka benar-benar mampu menyelesaikan rencana mereka mengingat perlawanan yang kuat dari Union of European Football Associations (UEFA) dan liga serta asosiasi dari negara-negara terkait.

Namun, di luar hal itu, siapa yang akan menjadi tiga klub lainnya untuk membentuk 15 anggota pendiri? Akankah juara Jerman Bayern Munchen dan juara Prancis Paris Saint-Germain—keduanya finalis Liga Champions 2019–2020—akhirnya bergabung?

Bagaimana pula proses lima klub lainnya—untuk melengkapi jumlah peserta menjadi 20—bergabung ke kompetisi eksklusif tersebut?

Diskusi ini akan sangat menarik. Namun saat ini, klub-klub yang telah mendaftar ke Liga Super Eropa sedang berjuang untuk membalikkan persepsi masyarakat, karena reaksi awalnya sangat negatif, bahkan datang dari Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Reaksi menentang juga telah secara nyata diungkapkan oleh para pendukung enam klub Liga Primer Inggris yang memutuskan bergabung ke ESL.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions liga prancis PSG Bundesliga Bayern Munchen liga super eropa

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top