Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Klub Top Inggris Gabung Liga Super Eropa, Begini Reaksi Pendukung

Enam klub papan atas Inggris yaitu Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur termasuk di antara 12 klub yang setuju untuk bergabung dengan Liga Super Eropa (European Super League/ESL). Begini reaksi pendukung mereka.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 April 2021  |  13:11 WIB
Siluet Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid. Juara La Liga Spanyol itu merupakan klub pendiri Liga Super Eropa yang digagas presidennya, Florentino Perez. - Reuters
Siluet Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid. Juara La Liga Spanyol itu merupakan klub pendiri Liga Super Eropa yang digagas presidennya, Florentino Perez. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah klub papan atas di Eropa bergabung untuk menggulirkan liga eksklusif Liga Super Eropa (European Super League/ESL). Kabar terakhir, enam klub papan atas Inggris bergabung ke ESL.

Kelompok suprter keenam klub itu pun segera bersuara. Mereka sangat menentang ESL. Kelompok pendukung Liverpool Spirit of Shankly (SOS) mengatakan mereka "terkejut" dengan keputusan Fenway Sports Group, pemilik klub yang berbasis di AS, untuk bergabung ke ESL.

Dalam sebuah posting media sosial, SOS mengatakan: "FSG mengabaikan penggemar dalam mengejar uang tanpa henti dan rakus. Sepak bola milik kita, bukan milik mereka. Klub sepak bola kita adalah milik kita, bukan milik mereka."

Chelsea Supporters' Trust menyebut langkah itu "tidak dapat dimaafkan" dan mengatakan anggota mereka dan "pendukung sepak bola di seluruh dunia telah mengalami pengkhianatan terbaru".

Arsenal Supporters' Trust menyebut kesepakatan klub mereka untuk bergabung ke ESL sebagai "kematian Arsenal sebagai lembaga olahraga".

Klub Pendukung Resmi Manchester City FC mengatakan langkah itu menunjukkan "mereka yang terlibat sama sekali tidak memperhatikan tradisi permainan" dan mereka "bertekad melawan Liga Super yang diusulkan ini".

The Manchester United Supporters Trust sebelumnya mengatakan proposal itu "sama sekali tidak dapat diterima" dan ESL "bertentangan dengan segala sesuatu yang sepak bola".

Sementara itu, Tottenham Hotspur Supporters' Trust mengatakan ESL adalah "konsep yang didorong oleh keserakahan dan kepentingan pribadi dengan mengorbankan nilai-nilai intrinsik dari permainan yang sangat kita pegang".


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions uefa liga super eropa

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top