Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rashford Pemain Paling Berharga, Messi Nomor 97, Ronaldo 131

Penyerang Manchester United Marcus Rashford dinyatakan sebagai pemain paling berharga saat ini, sedangkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jauh di bawah.
Ujung tombak Manchester United Marcus Rashford./Antara/Reuters
Ujung tombak Manchester United Marcus Rashford./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bintang Barcelona Lionel Messi turun ke peringkat 97 dalam daftar pesepak bola paling berharga di dunia, dengan striker Manchester United Marcus Rashford menduduki posisi teratas, demikian hitungan Observatorium Sepak Bola CIES (Centre International d'Etude du Sport).

CIES menggunakan sejumlah kriteria untuk menilai pemain, tetapi tidak terbatas pada, usia, durasi kontrak, level olahraga, status internasional, dan inflasi.

Data tersebut diterapkan untuk pemain sepak bola di lima liga teratas Eropa yakni Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis.

Pemain Timnas Inggris Rashford berada di puncak daftar dengan nilai 165 juta euro, sementara Erling Haaland dari Borussia Dortmund 152 juta euro dan Trent Alexander-Arnold 151 juta euro dari Liverpool melengkapi tiga besar, dengan rekan setim Rashford di United Bruno Fernandes di urutan keempat.

Menurut algoritma CIES Football Observatory, Marcus Rashford diperkirakan menjadi pemain paling berharga dengan 14 gol dalam 25 penampilan klub musim ini (termasuk hattrick di Liga Champions melawan RB Leipzig).

Haaland adalah bintang yang sedang naik daun terbesar dalam 20 besar, dengan striker produktif Borussia Dortmund itu melompat dari posisi ke-15 dengan nilai 107,3 juta euro hingga ke posisi kedua (152 juta euro) sejak Juni lalu.

Itu merupakan kenaikan fenomenal 13 setrip untuk pemain berusia 20 tahun, yang telah mencetak gol rata-rata satu gol dalam satu pertandingan sejak bergabung dengan Dortmund setahun lalu (33 gol dalam 33 pertandingan).

Berita Barcelona selama dekade terakhir telah didominasi oleh keunggulan Messi di puncak sepak bola dunia, tetapi dia sekarang hanya di peringkat 97 pemain paling merharga, saat dia merayakan ulang tahunnya yang ke-34 pada akhir musim ini.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo bahkan keluar dari 100 besar dalam daftar yang diumumkan pada Rabu (6/1/2021), artinya lebih buruk ketimbang Messi.

Ronaldo hanya menempati posisi 131 dalam daftar yang dibuat CIES dengan nilai transfer hanya 47 juta euro. Ini sebagian besar karena usianya yang sudah lanjut yaitu 35 tahun dan durasi kontraknya yang relatif singkat dengan Juventus, yang berakhir pada musim panas 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Espana & ESPN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper