Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikuti Arahan AFC, PSSI Tetapkan Persipura ke Piala AFC Tahun Depan

Persipura Jayapura akan mendampingi juara Liga 1 Bali United untuk mewakili Indonesia di Piala AFC tahun depan. Dengan demikian, keputusan sebelumnya yang menunjuk Persija Jakarta, dibatalkan.
Sejumlah pemain Persipura Jayapura rileks di sela-sela sesi latihan di Lapangan Mandala di Jayapura./Antara
Sejumlah pemain Persipura Jayapura rileks di sela-sela sesi latihan di Lapangan Mandala di Jayapura./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluiruh Indonesia (PSSI) menetapkan Persipura Jayapura menggantikan Persija Jakarta sebagai wakil kedua Indonesia selain Bali United untuk bertarung di Piala AFC tahun depan.

Hal itu sesuai dengan arahan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sesuai dengan Entri Manual AFC Club Competition 2021. Hal ini setelah AFC mengirimkan surat kepada PSSI pada Jumat (18/12/2020).

Dalam surat kitu, AFC menghargai PSSI yang memutuskan Persija sebagai kontestan AFC Cup 2021. Namun, AFC ingin klub yang mengikuti AFC Cup 2021 harus sesuai Entri Manual AFC Club Competition 2021.

Seperti diketahui, usai menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada Rabu (16/12/2020), PSSI menetapkan Bali United dan Persija menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2021.

"AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner-up Piala Indonesia 2018/2019. Namun, AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait dengan Sporting Criteria," kata Plt. Sekjen PSSI Yunus Nusi sebagaimana dilansir laman resmi PSSI pada Minggu (20/12/2020).

Dengan jawaban dari AFC ini, tim Persipura akan menemani Bali United untuk mengikuti AFC Cup 2021. Persipura terpilih karena berada di peringkat ketiga Liga 1 2019 dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC Club Licensing Cycle 2020.

Sebenarnya peringkat kedua Liga 1 2019 adalah PSM Makassar, tetap klub Juku Eja belum mengantongi lisensi di atas.

Yunus menjelaskan Persija ditetapkan oleh PSSI untuk menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di AFC Cup melalui slot Piala Indonesia, karena memang AFC juga menyetujui bahwa juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di AFC Cup.

“Namun, karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI semula memutuskan memilih Persija yang runner up Piala Indonesia 2018/2019," tambah Yunus.

PSSI juga memberikan tanggapan atas surat PT Persipura Papua pada 17 Desember 2020. Selain itu, juga dilampirkan formulir participating team agreement yang harus diisi dan di tanda tangani oleh Presiden Klub. Lalu file power point terkait informasi klub, dan formulir warna jersey.

Persipura harus melengkapi persyaratan tersebut dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada 21 Desember 2020.

Selain ketiga persyaratan itu, diharapkan juga untuk dapat mengirimkan sertifikat pencahayaan lampu stadion yang akan digunakan.

Seperti diketahui, grade Piala liga dalam hal ini Piala Indonesia itu levelnya di bawah kompetisi liga. Sehingga runner up Piala Indonesia itu levelnya di dibawah runner up kompetisi Liga 1.

Oleh karenanya, peraturan AFC menetapkan untuk tidak mengizinkan runner up Piala Indonesia, sementara masih ada peringkat tiga kompetisi Liga 1 yang lolos club lisencing dari AFC.

Bali United dipilih karena juara Liga 1 2019. Sementara Persija menjadi runner-up Piala Indonesia 2018-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper