Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Ini Clarence Seedorf Kenang Laga Perdananya di AC Milan

Clarence Seedorf mengatakan 18 tahun silam, 15 Agustus 2002, dia perdana berseragam AC Milan dalam pertandingan kualifikasi Liga Champions.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 15 Agustus 2020  |  15:55 WIB
Clarence Seedorf memutuskan menjadi pelatih sepakbola setelah pensiun atau gantung sepatu - Reuters/Sergio Perez
Clarence Seedorf memutuskan menjadi pelatih sepakbola setelah pensiun atau gantung sepatu - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan bintang sepakbola asal Belanda, Clarence Seedorf mengenang debutnya pertama kali berseragam merah-hitam, AC Milan.

Melalui akun instagramnya @claranceseedorf, pemegang rekor empat kali juara Liga Champions Eropa dengan tiga klub berbeda itu mengatakan bahwa 18 tahun silam, 15 Agustus 2002, dia merumput pertama kali bagi AC Milan dalam pertandingan kualifikasi Liga Champions melawan Slovan Liberec.

“Petualangan yang menyusul partai perdana ini sungguh luar biasa dan tidak terlupakan. Saya bersyukur karena mendapatkan sambutan luar biasa dari fans. Hal ini membuat saya tetap bangga atas semua pencapaian yang diperoleh secara bersama-sama,” ujarnya dalam keterangan unggahan tersebut.

Dalam laga resmi perdana itu, AC Milan menang 1-0 atas Slovan Liberec. Di akhir musim 2002-2003, AC Milan keluar sebagai kampiun Liga Champions usai menundukkan sesama tim asal Italia, Juventus melalui drama adu penalti dengan skor 3-2.

Ketika itu, Seedorf memecahkan rekor sebagai pemain yang memenangi turnamen paling prestisius di daratan Eropa itu karena tiga kali menjadi juara di tiga klub berbeda.

Tiga klub tersebut adalah Ajax Amsterdam pada 1995, kemudian di Real Madrid pada 1998 dan AC Milan pada 2003 dan kemudian diulangi lagi pada 2007.

Selama membela AC Milan, mantan gelandang serang itu secara keseluruhan membukukan 432 pertandingan serta mencocorkan 62 gol. Selain juara Liga Champions, dia tercatat meraih dua kali scudetto Serie A, Piala Italia, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa dan Piala Super Italia.

Setelah gantung sepatu, Seedorf menjadi juru taktik sementara di AC Milan pada 2014, lalu hijrah ke China, melatih Shenzen pada 2016. Semusim setelah itu, dia ke Spanyol untuk membesut Deportivo La Coruna.

Pada perhelatan Piala Afrika 2019, dia menangani tim nasional Kamerun yang harus tersingkir di babak perempat final.

 

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ac milan Clarence Seedorf
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top