Hasil Liga Inggris : VAR Bantu Sheffield Taklukkan West Ham

Keputusan VAR di ujung laga memastikan Sheffield United menang 1 - 0 atas West Ham.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Januari 2020  |  11:58 WIB
Hasil Liga Inggris : VAR Bantu Sheffield Taklukkan West Ham
Penyerang Sheffield United Oliver McBurnie (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya selepas menjebol gawang West Ham. - Reuters/Andrew Yates

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah keputusan dari asisten wasit video (VAR) pada menit-menit akhir pertandingan pembuka pekan ke-22 Liga Primer Inggris memastikan Sheffield United menang 1 - 0 atas tamunya West Ham United di Stadion Bramall Lane pada Sabtu (11/1/2020).

Keputusan VAR itu menganulir gol yang dicetak Robert Snodgrass untuk West Ham pada menit ke-2 injury time, lantaran temuan Declan Rice terlebih dulu melakukan pelanggaran handball dalam proses serangan.

Walhasil, keunggulan yang dimiliki Sheffield melalui gol Oliver McBurnie bertahan hingga peluit tanda laga usai, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu mengembalikan Sheffield ke jalur kemenangan setelah tiga pertandingan dan memaksa West Ham merasakan kekalahan perdana di tenor kedua kepelatihan David Moyes.

Tim besutan Chris Wilder kini melompat ke peringkat kelima klasemen dengan raihan 32 poin, sedangkan West Ham (22) tertahan di urutan ke-16 dibayangi ancaman melorot ke zona degradasi jika Aston Villa (21) dan Bournemouth (20) memenangi pertandingan pekan ke-22 masing-masing.

Babak pertama boleh dibilang berjalan membosankan tanpa ada satu tembakan tepat sasaran dihasilkan kedua tim dan West Ham harus kehilangan kiper Lukasz Fabianski yang diganti David Martin karena cedera 15 menit setelah sepak mula.

Peluang bagus Sheffield lewat situasi sepak pojok berakhir dengan tandukan John Egan yang melambung di atas mistar gawang, sedangkan Felipe Anderson membuang kesempatan emas setelah gagal menaklukkan kiper Dean Henderson dalam situasi satu lawan satu.

Setelah membuang peluang lagi pada lima menit awal babak kedua, Sheffield beroleh keunggulan buah dari kesalahan umpan Martin yang membuat bola dipotong John Fleck dan dikirim menjadi umpan tarik demi diselesaikan McBurnie dengan baik. Sheffield 1, West Ham 0.

Sheffield hampir menggandakan keunggulan tetapi tembakan sudut sempit Lys Mousset dihalau Aaron Cresswell, lantas pada menit ke-69 selebrasi singkat West Ham atas keberhasilan Sebastien Haller melesakkan bola ke gawang tuan rumah buyar lantaran hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera pertanda offside.

Martin melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan tembakan jarak dekat Mousset, sebaliknya Henderson sigap menepis tendangan bebas Anderson dua pada menit ke-76.

West Ham hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-82 memanfaatkan blunder Egan, tetapi tembakan penyelesaian Manuel Lanzini mengarah tepat ke Henderson.

Drama terjadi pada injury time, ketika Snodgrass menyarangkan bola ke pojok bawah gawang dan lagi-lagi selebrasi West Ham harus buyar, kali ini setelah VAR memvonis Rice menyentuh bola dengan tangan dalam proses serangan. Sheffield menang 1 - 0 atas West Ham.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Inggris, west ham

Sumber : Antara/PremierLeague.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top