Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hattrick Ronaldo Bawa Portugal Jaga Peluang Lolos ke Euro 2020

Cristiano Ronaldo mencetak hattrick untuk membawa Portugal menghantam Lithuania setengah lusin gol tanpa balas sehingga memelihara peluang sang juara bertahan untuk lolos ke Euro 2020.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 November 2019  |  07:28 WIB
Ujung tombak dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo selepas mencetak gol kedua timnya ke gawang Lithuania. - Reuters/Pedro Nunes
Ujung tombak dan kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo selepas mencetak gol kedua timnya ke gawang Lithuania. - Reuters/Pedro Nunes

Bisnis.com, JAKARTA – Cristiano Ronaldo mencetak hattrick untuk membawa Portugal menghantam Lithuania setengah lusin gol tanpa balas sehingga memelihara peluang sang juara bertahan untuk lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020.

Dalam pertandingan Grup B babak kualifikasi Euro 2020 di Stadion Algarve di Sao Joao da Venda, Ronaldo membuka keunggulan Portugal dari titik penalti pada menit ke-7.

Ujung tombak yang sehari-hari merumput bersama jawara Serie A Italia Juventus itu kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah 15 menit kemudian serta mencetak gol penutup pada menit ke-65.

Berselang 17 menit setelah mencetak hattrick, Ronaldo ditarik keluar oleh pelatih Fernando Santos untuk digantikan Diogo Jota.

Tiga gol lain milik tuan rumah dilesakkan oleh Luis Miguel Pizzi ketika babak kedua memasuki menit ke-7 serta Goncalo Pacienca (56’) dan Bernardo Silva (63’).

Kemenangan ini sangat penting bagi Portugal karena di laga lainnya di Grup B, Serbia, pesaing untuk berebut posisi runner up demi mendampingi Ukraina yang telah lolos ke putaran final Euro tahun depan, juga berhasil meraih 3 poin berkat kemenangan dengan skor tipis 3 - 2 atas tamunya Luksemburg.

Bermain di Stadion Rajko Mitic di Beograd, Serbia unggul 2 - 0 hingga wasit Serdar Gozubuyuk (Belanda) mengakhiri pertandingan babak pertama berkat gol yang diborong Aleksandar Mitrovic pada menit ke-11 dan 43.

Babak kedua berjalan 9 menit, Luksemburg memberi gol balasan lewat Gerson Rodrigues. Namun, Serbia mementahkan asa tamu untuk mencuri poin dengan gol Nemanja Radonjic (70’). Luksemburg hanya bisa menambah satu gol 5 menit kemudian melalui David Turpel sehingga skor akhir 3 - 2 untuk tuan rumah.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Portugal mengoleksi 14 angka atau 5 poin di belakang Ukraina yang telah dipastikan tampil sebagai juara Grup B, sedangkan Serbia di slot ketiga dengan nilai 13, diikuti Luksemburg 4, dan Lithuania yang dipastikan tersingkir berada di dasar klasemen dengan poin 1.

Kalau pun Luksemburg pada akhirnya nanti hanya finis di peringkat ketiga, peluang untuk lolos ke putaran final Euro tahun depan masih terbuka jika mampu meraih kemenangan di laga terakhir pekan depan melawan Ukraina yang tak tersentuh kekalahan dalam tujuh pertandingan fase grup.

Sementara itu, Luksemburg, meski hanya menempati setrip keempat, dipastikan melaju ke babak playoff sehin gga masih berpeluang lolos ke putaran final Euro.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Untuk mengetahui jadwal lengkap pertandingan dua matchday terakhir babak kualifikasi Euro 2020, sila klik di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas portugal Timnas Serbia Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top